Blog, Sprayer, Uncategorized

Drone Sprayer untuk Optimasi Pertanian: Webinar #6 Cerita Sukses Petani Bawang Nganjuk

Webinar #6 : Optimasi Pertanian Drone Sprayer oleh Frogs Indonesia di Nganjuk

Pada tanggal 19 Desember 2023, Frogs Indonesia mempersembahkan Webinar #6 dengan tema yang menginspirasi, “Optimasi Dengan Drone Sprayer: Cerita Sukses dari Nganjuk.” Acara ini menjadi panggung untuk berbagi informasi mengenai inovasi teknologi pertanian dan cerita sukses petani di Kab. Nganjuk yang telah berhasil mengadopsi teknologi drone pertanian pada lahan pertaniannya.

Webinar ini bertujuan untuk memperkenalkan konsep pengoptimalan pertanian melalui pemanfaatan drone sprayer, terutama melalui kisah sukses dari petani di Kab. Nganjuk. Peserta dari berbagai lapisan masyarakat bergabung untuk mendengar pandangan langsung dari para ahli dan mereka yang telah berhasil merasakan manfaat langsung dari teknologi ini.

Webinar ini menghadirkan pembicara-pembicara yang dapat menjelaskan secara baik penerapan teknologi ini dan detail produk teknologi ini, berikut pembicara yang hadir Ir. Muslim Harsoyo (Kepada Dinas Pertanian Kab. Nganjuk), Puji Santoso (Ketua Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Santosa Jaya), dan Bondan Sugiarto (Head of Business Development Frogs Indonesia). Mereka membahas sejumlah topik penting, termasuk:

  • Bagaimana penggunaan drone sprayer dapat meningkatkan efisiensi dan hasil panen.
  • Pengalaman sukses petani di Nganjuk yang telah mengadopsi teknologi drone pertanian.
  • Peluang dan tantangan dalam menerapkan drone pertanian di pertanian lokal.
  • Regulasi dan program Dinas Pertanian dalam mengikuti perkembangan teknologi
  • Perhitungan ekonomis menggunakan drone sprayer
Presentasi Kepala Dinas Kab. Nganjuk mengenai program dan regulasi dalam penggunaan drone sprayer
Presentasi Kepala Dinas Kab. Nganjuk
Presentasi petani bawang dalam pengaplikasian drone sprayer
Presentasi petani bawang Kab. Nganjuk
Presentasi Frogs Indonesia
Presentasi Frogs Indonesia

 

Webinar ini mengundang antusiasme tinggi dari berbagai kalangan, dari petani, pengajardi bidang pertanian, dan dinas pertanian kabupaten lainnya di Indonnesia hingga penggiat teknologi dan praktisi industri. Diskusi yang berlangsung meriah dan interaktif, dengan peserta berbagi pertanyaan, pemikiran, dan pengalaman langsung.

 

Interaksi bersama dengan peserta dari Kab. Bangka
Interaksi bersama dengan peserta dari Kab. Bangka
Interaksi bersama dengan peserta dari Timor Leste
Interaksi bersama dengan peserta dari Timor-Leste

Kisah Sukses dari Nganjuk:

Dalam Webinar #6 Cerita sukses dari petani di Nganjuk merupakan highlight yang dinanti oleh para peserta. Cerita langsung yang dibawa oleh petani Nganjuk memberikan pencerahan mendalam mengenai bagaimana teknologi drone sprayer telah mengubah cara mereka beraktivitas di ladang.

Pengoptimalan penyiraman, pemantauan tanaman, dan penanganan cepat terhadap masalah pertanian menjadi kunci kesuksesan yang dibagikan dengan antusias oleh para petani. Dalam kesempatan ini petani Nganjuk juga memberikan mengenai perbandingan hasil yang didapatkan sebelum dan setelah penggunaan drone sprayer dan juga perhitungan ekonomis dari penggunaan drone sprayer.

Webinar #6 juga membagikan program Dinas Pertanian Ngajuk mengenai Program Pelayanan Pengendalian OPT dengan Drone Sprayer, disinilah ajang untuk bisa berbagi antar sesama dinas pertanian mengenai cara dalam penggunaan drone sprayer yang efektif, efisien, dan dapat dirasakan oleh para petani, sehingga program pemerintah dapat terlaksana dan para petani juga dapat merasakan keuntungan penggunaan drone sprayer di tengah adanya El-nino yang menyerang petani Indonesia.

Rekaman penuh acara telah diunggah dan dapat diakses oleh publik melalui tautan berikut “Webinar Series #6“. Frogs Indonesia berharap agar informasi yang dibagikan melalui webinar ini dapat terus memberikan dampak positif pada para peserta dan menginspirasi perubahan positif dalam praktik pertanian di seluruh Indonesia.

Webinar Series #6 Frogs Indonesia bukan hanya sebuah acara, tetapi juga langkah konkrit dalam mendorong pertanian menuju masa depan yang lebih cerah dan efisien dengan dibantu oleh penggunaan teknologi drone sprayer. Terima kasih kepada semua yang telah berpartisipasi, dan tunggu kehadiran kami di acara selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *