Profile

Video Iklan Wonderful Indonesia 2022, Pakai Teknologi Lighting Drone Frogs Indonesia

Baru-baru ini channel youtube Indonesia.Travel dari Kementrian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang banyak menampilkan keindahan Indonesia serta kekayaan budayanya untuk mempromosikan potensi pariwisata Indonesia mengunggah video terbarunya yang berjudul Wonderful Indonesia 2022 “Jiwa Jagad Jawi”. Video ini adalah salah satu video yang ditunggu-tunggu oleh beberapa pihak. Video ini adalah video yang menceritakan kekayaan budaya, nilai sejarah, dan keindahan alam yang berfokus pada daerah Jawa khususnya Jawa Tengah. selain alur cerita yang interaktif, teknik pengambilan video yang sangat berbeda dari biasanya juga membuat video ini sangat layak untuk ditonton.

 

Di beberapa bagian dari video tersebut diambil dengan teknologi drone. Penggunaan drone untuk pengambilan aerial video dari udara telah biasa kita dapatkan sebelumnya di konten-konten lain, aerial video yang cinematic ataupun freestyle dengan drone fpv/racing. Tapi tahukah teman-teman sekalian, jika kita perhatikan dengan seksama, ada teknologi drone lain yang digunakan dalam proses pembuatan video ini, apakah itu?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Frogs Indonesia sebagai salah satu garda terdepan pengembang teknologi drone Indonesia juga terlibat dalam pembuatan video ini. Di Menit ke 2.05 kita diperlihatkan cuplikan seorang perempuan yang menari di tengah hutan dengan cahaya dan bayangan pohon-pohon hutan yang bergerak, sangat luar biasa. Cuplikan ini juga melibatkan teknologi drone dalam pembuatannya, tetapi drone tidak membawa kameranya melainkan membawa cahayanya. Selain itu di menit ke 3.32 ada cuplikan yang menyorot stupa-stupa di candi borobudur. Cuplikan ini juga diambil dengan menggunakan teknologi yang sama.

 

Salah Teknologi drone yang Frogs Indonesia sediakan dalam pembuatan video ini adalah drone lighting. Drone customize yang Frogs Indonesia kembangkan khusus untuk project ini membawa lampu LED yang menghasilkan cahaya dengan spek yang dibutuhkan dalam pengambilan gambar. Berdiskusi dengan tim operasional pembuat film, cahaya yang dibutuhkan dalam pengambilan gambar harus memenuhi beberapa standar seperti color rendering index dan besar cahaya lumennya. Dengan parameter tersebut, tim teknis Frogs Indonesia harus menghasilkan produk yang mampu membawa lampu LED dengan spesifikasi tersebut. Dalam perancangan produk khusus ini, tim Frogs Indonesia harus mempertimbangkan berat dan daya yang dibutuhkan untuk menyalakan Lampu LED ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Drone ini menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia yang telah digunakan dalam proses pengambilan gambar profesional yang kita bisa sama-sama nikmati hasilnya. Drone ini mampu terbang selama maksimal 20 menit dengan ketinggian maksimal 120 meter dari permukaan tanah. Menghasilkan cahaya dengan CRI 95+ dan 6000 lumen cahaya yang memakan daya sekitar 1500W. Cahaya yang dihasilkan berwarna putih maksimal dan sangat terang sehingga nampak baik walaupun cahaya ditembakan drone dari ketinggian maksimal.

Dengan sutradara yang berbakat, script yang menarik, kamera serta aksesoris yang canggih, juga alat pendukung lainnya seperti teknologi Drone lighting ini, akan menghasilkan karya film yang sangat luar biasa.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *