Profile, Technology

FGD Perkembangan Industri Komponen Drone

Bandung, Jawa Barat – Frogs Indonesia kali ini kembali mendapat undangan dalam kegiatan FGD Pengembangan Industri Komponen Drone yang diselenggarakan oleh KEMENPERIN RI. Bertempat di Aston Tropicana Hotel Bandung, acara ini dihadiri oleh pengembang dan penggiat industri drone di Indonesia. Dalam kegiatan ini diperoleh banyak informasi terkait beberapa kebijakan pemerintah dalam mendukung perkembangan industri terutama di industri drone tanah air.

 

Acara FGD (Focus Group Discussion) ini berlangsung pada hari kamis, 2 Desember 2021. Dengan tema besar Pengembangan Industri Komponen Drone (Pengembangan Kebijakan Dan Strategi pengembangan ekosistem Inustri Drone Dan komponen). Acara ini diinisiasi oleh Kementrian Perindustrian Republik Indonesia (KEMENPERIN RI).

Perkembangan drone di Indonesia sendiri semakin pesat dengan munculnya beberapa perusahaan / industri drone. Seiring dengan perkembangan jaman, drone tidak hanya untuk hobi dan mainan saja, tetapi drone sudah masuk dalam industri komersil lainnya, antara lain di bidang transportasi, bidang pertanian dll. Frogs Indonesia sendiri mulai mengembangkan drone dari tahun 2017 dengan Taxi Drone pertama buatan Indonesia. Selain itu untuk membantu dalam kebutuhan pertanian, Frogs Indonesia juga mempunya produk Drone Penyemprot (Drone Sprayer).

Adapun tujuan dari acara tersebut adalah bahwa KEMENPERIN melihat adanya potensi industri drone dalam negeri karena banyaknya pengembang atau perusahaan – perusahaan yang focus dibidang drone yang menghasilkan produk – produk berskala industri. Selain itu di FGD ini ada pengenalan tentang ASTTA (Asosiasi Sistem dan Teknologi Tanpa Awak) yang mewadahi perkumpulan perusahaan – perusahaan yang bergerak diindustri drone tanah air.

Pemerintah pun sudah melakukan koordinasi terkait bantuan diindustri ini termasuk dari pajak, juga perkenalan dari kepengurusan sertifikasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri). Disini pula dibahas tentang roadmap atau tahap awal arah dari perkembangan industri drone ini. Pemerintah dalam hal ini KEMENPERIN sudah mulai melihat potensi pengembangan industri drone ini dengan serius dibuktikan dengan diadakannya FGD seperti ini.

Frogs Indonesia sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini. Besar harapan dari frogs indoensia dengan adanya FGD ini dan dukungan dari pemerintah melalui KEMENPERIN bisa membuat industri drone ditanah air lebih berkembang pesat dan menjadi salah satu pendongkrak ekonomi di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *