Aerial Mapping, Blog, Sprayer, Technology

Demo Drone Sprayer & Pemetaan Di Perkebunan Teh PPTK Ciwidey

Ciwidey, Jawa Barat – Frogs Indonesia kembali melakukan demo terbang drone sprayer dengan drone Sekar Agri 10 Liter andalannya. Kali ini Frogs Indonesia melakukan demo di lahan perkebunan teh milik Pusat Penelitian Teh & Kina (PPTK) Gambung di Ciwidey Jawa Barat. Dengan luas lahan sekitar 1 Hektar, Sekar Agri melakukan penyemprotan dengan maksimal dan merata. Disamping itu Frogs Indonesia juga melakukan pemetaan udara area perkebunan dengan Drone Skywalker sekitar 120 Hektar.

Kontur tanah di perkebunan teh yang miring tidak mejadi kendala bagi Sekar Agri Drone Sprayer milik Frogs Indonesia, karena drone ini bisa di atur untuk jenis kontur tanah apapun, sehingga kita tinggal memberi program pintar ke drone tersebut. Berbagai kontur tanah dan kontur tumbuhan pun bisa di sesuaikan oleh drone Sekar Agri.

Sekar Agri Drone Sprayer
Sekar Agri Drone Sprayer

Dibekali dengan alat bernama Terrain Following Sensor di Sekar Agri Drone Sprayer, alat ini bisa melakukan dan menganalisa kontur tanah dan tinggi rendahnya tanaman yang akan disemprot. dengan kecanggihan alat ini kita tidak perlu khawatir dengan kemiringan tanah atau tinggi tanaman atau pohon yang menghalangi.

Sekar Agri sendiri bisa di operasikan dengan Auto Pilot, atau kita bisa membuat program sehingga drone tersebut bisa berjalan dengan sendirinya. Dan juga kita bisa menyimpan data yang udah kita gunakan saat penyemprotan awal sehingga bisa digunakan lagi untuk penyemprotan berikutnya.

Penyemprotan di perkebunan teh ini bertujuan untuk riset dan pengembangan dari Frogs Indonesia beserta PPTK Gambung Ciwidey. Riset ini dilakukan sebagai bentuk kerja sama dan untuk pengaplikasian teknologi drone untuk management perkebunan dengan mengunakan drone pemetaan untuk pengawasan serta management asset dan drone sprayer untuk penyemprotan lahan.

Hasil pemetaan dan penyemprotan tersebut akan diolah oleh pihak PPTK untuk menghasilkan rekomendasi, parameter dan standar-standar yang dipakai jika menggunakan teknologi drone dalam management perkebunan teh termasuk didalamnya pemetaan, penyemprotan, ketinggian, campuran dosis pupuk, dll.

Tak cuma fokus dalam produksi drone, Frogs Indonesia juga memiliki beberapa kerjasama riset dan pengembangan dengan beberapa instansi dan perusahaan. Ini bertujuan untuk kedepannya Frogs Indonesia bisa membantu dan membuat produk untuk kebutuhan pertanian terutama dengan Sekar Agri Drone Sprayer.

Demo Drone Sprayer di PPTK
Demo Drone Sprayer di PPTK

Frogs Indonesia juga membuka kesempatan untuk instansi dan perusahaan lain untuk bekerja sama dalam pengembangan teknologi drone di berbagai bidang dari pertanian, perkebunan, dll. Dengan teknologi drone milik Frogs Indonesia diharapkan bisa membantu permasalahan dalam bidang pertanian, perkebunan, dll. Teknologi drone untuk pertanian sendiri sudah diproduksi oleh Frogs Indonesia dengan Sekar Agri Drone Sprayer yang mempunyai dua varian, yaitu kapasitas 10 Liter dan 20 Liter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *