The Blog

BlogSprayer

Frogs Indonesia, dengan terus mengembangkan inovasi teknologi drone di berbagai sektor, memperkenalkan Drone Sprayer Sekar Agri 10L. Drone ini dirancang sebagai drone dengan misi terbang khusus untuk penyemprotan material cair, seperti pestisida, herbisida, disinfektan, dan material cair lainnya. Dilengkapi dengan dua buah nozzle yang berfungsi untuk menyemprotkan cairan-cairan centrifugal dan menghasilkan semprotan yang merata. Drone ini adalah drone jenis multi-copter dengan konfigurasi hexacopter yaitu memiliki enam baling-baling yang berfungsi untuk menghasilkan gaya lift yang bisa mengangkat drone ini sehingga bisa terbang dengan baik dan stabil. Dede Satria Maulana, memberi penjelasan satu per satu secara umum bagian-bagian dari  Sekar Agri drone.

Pertama, drone sprayer ini dilengkapi dengan propeller yang bisa dilipat sehingga sangat memudahkan mobilisasi saat berpindah tempat. Keenam lengan yang dimiliki drone, sehingga bentuk dari drone ini menjadi lebih kecil dan lebih sederhana.

Intoducing Sekar Agri 10L Sprayer DroneIntoducing Sekar Agri 10L Sprayer DroneIntoducing Sekar Agri 10L Sprayer Drone

Berikutnya, pada bagian atas drone terpasang sebuah top cover drone yang berfungsi untuk melindungi bagian baterai pada yang terletak di atas drone tersebut. Sekar Agri drone ini memiliki sumber tenaga baterai lithium polimer 12s yang memiliki voltase sampai dengan 22,2volt. Dengan kapasitas 22000 mAh, menghasilkan jam terbang yang lebih lama dan cukup untuk melakukan sebuah operasi penyemprotan sampai dengan 10L untuk sekali penyemprotan. Drone Sprayer Sekar Agri kali ini memiliki tangki kapasitas 10L yang dimana tangki ini memiliki indikator untuk mengetahui sampai mana batasan cairan yang berada di dalam tangki.

Intoducing Sekar Agri 10L Sprayer DroneIntoducing Sekar Agri 10L Sprayer DroneDrone ini dioperasikan melalui transmitter yaitu remote control pengendali jarak jauh yang terhubung dengan frekuensi 2,4 gigahertz yang mana remote dari drone ini juga akan terhubung dengan smartphone kita untuk melihat dan mengontrol pengoperasian dari drone tersebut. Kita akan menerima video streaming secara langsung yang dikirimkan dari kamera first person view yang terpasang pada drone. Kamera FPV ini juga dilengkapi oleh 2 lampu LED yang mana juga bisa membantu pengoperasian disaat-saat gelap seperti mendung atau bahkan di malam hari.

Intoducing Sekar Agri 10L Sprayer DroneIntoducing Sekar Agri 10L Sprayer DroneKemudian, motor dari drone ini memiliki kapasitas maksimal thrust sampai dengan 12kg dengan jenis motor listrik 180kv dan dilengkapi dengan ISC (Idle Speed Control) di dalamnya, sehingga motor ini sangat bisa menghasilkan gaya lift untuk penerbangan dari drone ini. Perlu diketahui bahwa motor listrik yang digunakan pada drone ini adalah waterproof sehingga bisa dicuci atau dibersihkan dengan air sampai dengan bersih apabila pada saat setelah operasi penerbangan yang dilakukan material-material yang disemprotkan masuk atau mengenai motor-motor tersebut.

Intoducing Sekar Agri 10L Sprayer DroneSelanjutnya, drone ini memiliki landing skate atau kaki yang sangat kokoh yang terbuat dari bahan yang sangat kuat sehingga bisa menopang dari berat drone itu sendiri sampai pada saat drone tersebut landing. Sekar Agri drone juga dilengkapi dengan beberapa sensor seperti terrain radar dan obstacle radar. Terrain radar berfungsi untuk mengikuti kontur tanah di bagian bawah drone pada saat drone beroperasi, sehingga drone akan menyesuaikan ketinggian dan menstabilkan ketinggian dengan kontur tanah yang berubah-ubah. Sedangkan sensor radar obstacle avoidance yang terpasang pada bagian depan, berfungsi untuk mengindikasi jika adanya rintangan-rintangan didepan atau disekitar drone tersebut dan kemudian menghindarinya.

Pada bagian atas drone, terdapat modul GPS yang berfungsi untuk menangkap sinyal satelit yang dipakai untuk menentukan lokasi dan posisi dari drone saat drone terbang sehingga drone dapat terbang dengan mode automasi yang kemudian dapat terbang dengan strategis, stabil dan baik. Drone ini dilengkapi dengan fitur auto-pilot sehingga pada saat pengoperasian akan lebih memudahkan pilot dimana ketika sudah terdapat misi yang diberikan pada drone, drone akan terbang sesuai dengan misi penyemprotan dan area grid yang sudah direncanakan. Pilot juga akan dibantu dengan lampu LED merah dan hijau yang menentukan arah navigasi dari penerbangan drone itu sendiri.

Selain Sekar Agri 10L, Frogs Indonesia juga memiliki beberapa spesifikasi dari drone sprayer yang lain. Kami memiliki drone sprayer untuk kapasitas 20L, 15L, 10L, dan yang terkecil adalah 6L. Demikian adalah pengenalan singkat terhadap drone sprayer Sekar Agri 10L dari Frogs Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.