Blog, Commercial Use, Fly High, Passenger, Profile, Sprayer, Technology

Pentingnya Sertifikasi Pilot Drone

Dewasa ini drone sudah beralih fungsi yang semula hanya diminati untuk hobi, namun sekarang sudah dipakai untuk kebutuhan sehari-hari dan untuk menunjang pekerjaan. contohnya drone untuk pembuatan video, atau drone untuk mengantar makanan, dll. Drone di era perkembangan teknologi yang semakin pesat ini juga semakin pesat pula perkembangannya dengan banyaknya orang yang memiliki drone sendiri dari ukuran kecil sampai ukuran besar. Mereka juga bisa mengoperasikan drone itu sendiri.

 

Karena semakin banyaknya orang yang mempunyai drone sendiri dan bisa mengoperasikannya sendiri, jadi sangat penting untuk kita mempunyai pengetahuan tentang pengoprasian drone dan batasannya. Menerbangkan drone saat ini telah diatur dalam undang – undang di indonesia, ada beberapa regulasi tentang drone salah satunya ada di peraturan Menteri Perhubungan No. 37 Tahun 2020. Dalam regulasi Drone (PM No.37 Tahun 2022 Pasal 5) tercantum kewajiban yang harus dipenuhi oleh pilot drone yaitu memiliki sertifikat dan izin terbang.

 

Sertifikasi drone merupakan salah satu upaya untuk mendorong penggunaan drone yang bertanggung jawab dan pastinya mencegah resiko buruk saat menerbangkannya. Karena itu sertifikasi pilot drone sangat diperlukan, selain dapat meningkatkan kredibilitas anda dalam menerbangkan drone dan terhindar dari sanksi-sanksi, anda juga memiliki kesadaran akan keselamatan orang disekitar anda.

Drone sangat membantu bila digunakan dengan cara yang tepat dan bertanggung jawab. ada beberapa kawasan dan daerah yang melarang untuk drone terbang seperti kawasan pemerintah, gedung instansi dan lainnya. jadi kita harus selalu mengetahui dan paham bahwa menerbangkan drone juga punya tanggung jawab yang lebih.

 

Frogs Indonesia sendiri memiliki beberapa pilot drone yang sangat berkompeten dan mempunyai sertifikat. karena drone milik frogs memiliki ukuran yang tidak seperti drone hobi lainnya sehingga perlu tanggung jawab yang sangat tinggi. disamping itu dengan drone ukuran besar sangat susah untuk mengoperasikannya dan perlu dikendalikan oleh ahli.

 

Kedepannya wahana terbang tanpa awak atau biasa disebut drone ini harus digunakan dengan sebaik mungkin dan seoptimal mungkin. bagi operator drone dan penghobi drone bisa di edukasi lebih lagi bahwa sertifikasi itu sangat penting untuk dimiliki. sekarang pun lembaga-lembaga untuk pelatihan dan sertifikasi drone sudah banyak di indonesia, Frogs Indonesia juga punya program yang disebut PDP (Pilot Development Program), adalah program pelatihan dan sertifikasi drone untuk umum maupun perusahaan.

 

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *