fbpx

The Blog

BlogProfileSprayerTechnology

Frogs Indonesia menghadiri undangan dalam rangka Panen Raya Jaringan Mitra yang diselenggarakan oleh Komunitas Tani Mandiri Indonesia (KTMI) di Padukuhan Sorogenen II, Kalurahan Purwomartani, Kapanewon Kalasan pada Rabu, 09 Juni 2021. Kegiatan ini diadakan di lahan padi seluas 0,3 hektar milik Bapak Ahmad, salah satu petani Kalasan.

Acara Panen Raya Jaringan Mitra ini dihadiri oleh Wakil Penghageng Parentah Ageng Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, KPH Purbodiningrat, Wakil Bupati Sleman, Bapak Danang Maharsa beserta jajarannya, Ketua KTMI pusat, Bapak Kasiat, Ketua dewan pengurus KTMI DIY, Bapak Yoyon, Kepala Badan Permusyawaratan Daerah (BPD), Bapak Sartono, Kepala Seksi Pembangunan Desa, Bapak Astoro, Kepala Dukuh setempat, Bapak Sepi Budi Hartono.

Tujuan kedatangan wakil Bupati Sleman, Bapak Danang Maharsa di acara Panen Raya ini sekaligus membuka Agro pertanian dan perkebunan di Kalurahan Purwomartani yang harapannya dapat dijadikan sebagai laboratorium atau sekolah lapang pertanian dengan sistem tanpa pupuk dan obat kimia.

Dalam sambutannya, beliau juga menyampaikan pentingnya terobosan dalam memecahkan masalah pertanian di Sleman untuk meningkatkan hasil produksi pertanian. “Ini PR yang menjadi konsentrasi program kerja pemkab Sleman dan terima kasih kepada KTMI yang masih peduli mendampingi untuk mengatasi masalah petani saat ini. Terlebih dalam situasi pandemi semacam ini, sektor pangan tidak terlalu terkena imbas (dampak negatif) dan DIY diberikan berkah karena masih ada keluasan lahan yang cukup untuk menopang kebutuhan pangan”, ungkapnya.

Komunitas Tani Mandiri Indonesia (KTMI) mengajak para petani di tanah air untuk meninggalkan kebiasaan penggunaan pupuk kimia dengan penerapan pupuk bakteri. Dengan menggantikan penggunaan pupuk tersebut mampu mengembalikan kesuburan lahan sawah, menghemat biaya produksi, dan lebih tahan dari hama, sehingga menghasilkan hasil panen tanaman pangan yang lebih baik.

Sebelumnya, Frogs Indonesia pernah melakukan penyemprotan/spraying pupuk organik di lahan milik Bapak Ahmad menggunakan Drone Sprayer Sekar Agri. Penyemprotan/spraying pupuk organik menggunakan Drone Sprayer Sekar Agri. Kegiatan penyemprotan/spraying tersebut mendapatkan tanggapan positif oleh karena itu dalam kegiata Panen Raya ini Frogs Indonesia diundang untuk kembali memperkenalkan teknologi drone sprayer dan metode penyemprotan/spraying menggunakan Drone Sprayer Sekar Agri.

Dalam kegiatan Panen Raya ini drone sprayer dilihat dan disambut baik oleh para penjabat daerah dan para undangan. Diharapkan dengan mengudaranya Drone Sprayer Sekar Agri pada acara ini  dapat mengenalkan teknologi pertanian 4.0 ke masyarakat luas khususnya pada daerah Kalasan, Sleman, DIY. Kedepannya Frogs Indonesia berharap dapat melakukan kolaborasi bersama Komunitas Tani Mandiri Indonesia (KTMI)  dan Pemerintah Daerah agar dapat saling menunjang dan terus mendukung petani Indonesia, khususnya dalam teknologi di bidang pertanian.

Leave a Comment

Your email address will not be published.