fbpx

The Blog

Sprayer Drone
BlogProjectsSprayerTechnology

Frogs Indonesia hadir bukan hanya menawarkan produk tetapi kami juga hadir untuk memberikan solusi bagi lahan pertanian atau perkebunan anda melalui layanan jasa, salah satunya  adalah layanan penyemprotan/spraying dengan menggunakan drone sprayer sekar agri milik Frogs Indonesia

Pada  Senin, 24 Mei 2021 Frogs Indonesia berkesempatan untuk bisa membantu dan memperlihatkan salah satu layanan jasa kami (Penyemprotan/Spraying) dengan menggunakan Drone Sprayer Sekar Agri 10L salah satu teknologi pertanian 4.0 yang diproduksi oleh Frogs Indonesia ke salah satu petani yang berada di Kalasan, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan penyemprotan/spraying diadakan di lahan padi milik Bapak Ahmad, salah satu petani Kalasan. Di lahan seluas 1 hektar milik Bapak Ahmad di Padukuhan Sorogenen II, Kalurahan Purwomartani, Kapanewon Kalasan disemprotkan pupuk cair berbahan organik menggunakan Drone Sekar Agri 10L.

Acara penyemprotan/spraying ini juga dihadiri oleh Kepala Badan Permusyawaratan Daerah (BPD), Bapak Sartono, Kepala Seksi Pembangunan Desa, Bapak Astoro, Kepala Dukuh setempat, Bapak Sepi Budi Hartono, serta Ketua KTMI (Komunitas Tani Mandiri Indonesia), Bapak Yoyon.

Dalam kesempatan ini juga Frogs Indonesia kembali memperkenalkan teknologi pertanian di era industri 4.0, salah satu di antaranya, adalah pemanfaatan teknologi drone atau pesawat udara tanpa awak yang dapat mengubah budaya bertani lebih modern. Dengan sentuhan teknologi, kerja petani dapat menjadi jauh lebih mudah, lebih efisien sekaligus lebih cepat.

Saat ini dikarenakan kebutuhan akan pekerja semakin berkurang dalam industri pertanian dan perkebunan menyebabkan waktu yang dibutuhkan  dalam kegiatan penyemprotan/spraying di lahan pertanian pun terhitung memakan waktu yang lama.  jika memakai tenaga kerja manusia dalam rentang waktu satu hari tenaga kerja manusia hanya mampu mengerjakan maksimal lahan seluas 1-2 hektar. Sementara dengan Drone Sprayer Sekar Agri, dalam waktu satu hari mampu menyelesaikan penyemprotan/spraying lahan seluas 10 hektar.

Kepala Dukuh Sorogenen II, Sepi Budi Hartono, mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung aplikasi Drone Sekar Agri untuk pertanian di wilayahnya, dimana wilayah Padukuhan Sorogenen II terdapat satu kelompok tani, yakni Mekarsari, dengan jumlah 25 anggota, yang mengerjakan 11 hektar lahan. Komoditas yang ditanam paling banyak merupakan padi dan palawija berupa kacang tanah. “(Karena) ini kelihatannya tidak banyak mengeluarkan tenaga, dan juga bisa lebih merata. Lebih efisien daripada penyemprotan/spraying manual,” ungkapnya.

Dengan demikian, di masa yang akan datang harapannya Frogs Indonesia dapat terus mendukung petani Indonesia dan dapat saling menunjang dalam perkembangan teknologi di bidang pertanian serta dapat menarik minat generasi muda pada industri pertanian Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.