fbpx

The Blog

Frogs Indonesia Group di Cianjur
BlogTechnology

Pada tanggal 8 Desember 2022, telah terjadi gempa bumi berkekuatan 5.8 SR di Cianjur, Jawa Barat. Dampak yang diakibatkan oleh bencana gempa tersebut menyebabkan banyak akses jalan rusak parah bahkan terputus. Hal ini mengakibatkan distribusi bantuan bagi korban gempa mengalami keterlambatan, termasuk pasokan obat-obatan dan peralatan medis yang sulit dikirimkan dalam waktu singkat. Dengan adanya permasalahan tersebut, Frogs Indonesia Group mengerahkan drone kargo berskala ringan dan ringkas (compact) untuk terjun langsung mengantarkan obat- obatan dan peralatan medis untuk memenuhi kebutuhan tersebut dalam waktu yang singkat.

Drone Kargo Pandawa
Drone Kargo Frogs Indonesai di Cianjur

Akses terputus menuju desa-desa ini lah yang mendorong Frogs Indonesia Group dan UMG Idea Lab berkolaborasi dengan tim penanggulangan bencana untuk menghadirkan solusi pengiriman obat-obatan dengan menggunakan salah satu produk dronenya yang dinamakan “PANDAWA”, agar dapat mempercepat proses pengiriman bantuan ke wilayah yang sulit dijangkau dan yang sangat membutuhkan obat-obatan.

Selama beroperasi di Cianjur, Frogs Indonesia Group sukses menyelesaikan misi pengiriman bantuan dari titik awal di Kampung Angkrong, Desa Talaga, hingga titik tujuan di Kampung Cihike, Desa Sarampad. Akses menuju Kampung Cihike, Desa Sarampad mengalami kerusakan sehingga sangat sulit untuk dilalui dan memerlukan waktu 20 menit, bahkan lebih (tergantung cuaca dan kondisi pergerakan tanah) serta pengiriman bantuan hanya dapat menggunakan kendaraan bermotor roda dua, tetapi dengan menggunakan drone milik Frogs Indonesia Group, obat-obatan dan peralatan medis yang sangat diperlukan oleh para korban dapat diterima dalam waktu yang singkat dan cepat.

Drone Kargo di Cianjur
Operasikan Drone Kargo, Frogs Indonesia turun langsung ke Cianjur

Tim penanggulangan bencana beserta masyarakat merasa sangat terbantu dan memberikan respon positif dengan adanya pengiriman obat-obatan menggunakan drone “PANDAWA” ini. Selain itu, anak-anak dan para pemuda pun ikut bersemangat menyaksikan serta bergotong royong membantu melancarkan pengoperasian drone ini, sehingga terlaksana dengan sukses di tengah kesulitan yang mereka hadapi.

Belajar dari bencana yang terjadi di Cianjur, bahwa masyarakat yang terdampak bencana sangat membutuhkan bantuan yang cepat dan merata, membuat adanya inovasi drone kargo ini, sudah saatnya diterapkan oleh pihak-pihak yang membutuhkan seperti tim penanggulangan bencana, pemerintah daerah, bahkan pemerintah pusat. Drone kargo ini sudah terbukti menjadi salah satu solusi alternatif yang tepat untuk digunakan.

Drone Kargo si Penolong
Operasikan Drone Kargo, Frogs Indonesia turun langsung ke Cianjur

Frogs Indonesia Group berharap dengan beroperasinya drone kargo di Cianjur ini, dapat membantu meringankan para relawan dan tim penanggulangan bencana yang sudah berusaha keras membantu para korban agar mendapatkan kebutuhannya dengan cepat dan tepat sasaran.

Semoga Cianjur dapat pulih cepat dan bangkit kembali.

Leave a Comment

Your email address will not be published.