fbpx

The Blog

AirMapBlogBusiness UseCargoCommercial Use

Di era seperti saat ini, profesi menjadi seorang petani masih dipandang sebelah mata oleh para generasi milenial. Bahkan mungkin tak banyak anak muda yang bercita-cita ingin menjadi seorang petani. Padahal di zaman 4.0 sekarang sudah berbeda, tidak hanya anak muda saja yang menjadi milenial, namun petani milenial pun sekarang sudah cukup banyak.

Yang dimaksud petani canggih atau milenial disini adalah cara mereka bekerja sudah menggunakan alat atau teknologi yang lebih canggih, sehingga para tani diberikan keuntungan dan manfaat yang jauh lebih banyak.

Manfaat kemunculan teknologi terbaru bagi petani diantaranya adalah memperoleh benih yang unggul,meningkatkan pendapatan petani,meningkatkan kemampuan petani,dan pekerjaan petani tersebut lebih ringan dan cepat selesai.

Contoh  petani canggih atau milenial adalah penggunaan teknologi canggih drone untuk sektor pertanian. Pemanfaatan drone untuk tabur pupuk dan benih padi di sawah merupakan mekanisasi pertanian di era revolusi 4.0. Modernisasi pertanian ini sekaligus juga sebagai persiapan untuk menghadapi tantangan revolusi industri.

Selain itu juga ada juga alat sistem irigasi tetes dan sistem penyiraman serta pemupukan tanaman menggunakan teknologi SMS dan WIFI. Bahkan saat ini telah ada teknologi terbaru menggunakan metode terbaru dengan nama Smart Farming Drip Irrigation System. Sistem irigasi ini dioperasikan melalui smartphone.

Metode yang bisa mengendalikan sistem pengairan,sensor kelembaban tanah,dan dimana semuanya dikendalikan dalam satu aplikasi android.

Lalu juga ada pertanian presisi, atau bisa disebut dengan pertanian terukur. Dimana konsep pertanian yang berbasis teknologi yang pendekatannya melalui observasi dan pengukuran untuk menghasilkan data yang tepat sehingga kegiatan bercocok tanam lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, teknologi pertanian terbaru lainnya harus terus dijaga dan dikembangkan.

Pemerintah juga harus memperhatikan kesejahteraan para tani sehingga profesi petani tidak terlupakan oleh zaman. Peran pemerintah yang didukung mahasiswa juga harus ditingkatkan guna terciptanya teknologi-teknologi baru lagi guna menciptakan petani yang SDM nya unggul, maju, dan terus mengikuti perkembangan  dengan memanfaatkan teknologi tersebut agar profesi petani tidak lagi dianggap sebagai profesi remeh dan dipandang sebelah mata lagi.

Frogs indonesia sendiri membuat mudah pertanian milenial di indonesia, dengan produk andalan sekar agri drone sprayer. teknologi drone ini sangat membantu pertani di era moderen, petani tidak perlu repot untuk untuk melakukan pekerjaan manual. Dengan teknologi drone ini semua mudah dilakukan dan cepat serta efisien.

Leave a Comment

Your email address will not be published.