fbpx

The Blog

BlogBusiness UseCommercial UseCustomizeFly HighJobs

Drone menjadi salah satu alat yang semakin banyak digunakan di Indonesia. Semakin berkembangnya teknologi ini, maka semakin banyak juga penggunanya. Bahkan di Indonesia juga mulai banyak industri drone. Industri drone di Indonesia tidak hanya menjual drone saja, namun beberapa dari mereka juga menawarkan jasa. 

Kegunaan drone sangat banyak, seperti untuk kebutuhan fotografi, videografi, penyemprotan pestisida, penerangan, delivery, hingga untuk pemetaan. Sudah pasti kegiatan tersebut memanfaatkan drone untuk diterbangkan di luar. Namun, jika hujan turun tetapi masih membutuhkan drone untuk bekerja apakah bisa?

Tidak semua drone bisa digunakan saat hujan turun. Hanya drone khusus untuk keperluan industri saja yang bisa melakukannya. Hal ini dikarenakan menggunakan drone saat kondisi cuaca gerimis, hujan, dan berembun bisa membuat air hujan masuk melalui bagian-bagian terbuka dan bisa membuat komponen menjadi rusak yang bisa menyebabkan adanya korsleting. 

Tidak hanya itu, air hujan yang mengandung asam juga bisa membuat komponen-komponen drone menjadi kotor hingga berkarat. Karat merupakan hasil korosi, yaitu oksidasi suatu logam. Besi yang mengalami korosi membentuk karat dengan rumus Fe2O3 x H2O. korosi atau proses pengaratan merupakan proses elektrokimia. Pada proses pengaratan, besi (Fe) bertindak sebagai pereduksi dan oksigen (O2) yang terlarut dalam air bertindak sebagai pengoksidasi.

Kesimpulannya, tidak semua drone bisa digunakan di saat gerimis, hujan, atau mengembun. Namun ada beberapa drone yang dirancang bisa digunakan di saat-saat tersebut. Tetapi dengan ketentuan keadaan drone harus selalu dibersihkan dan juga menggunakan pelindung namun dengan waktu terbang yang tentunya terbatas. Karena tidak ada yang tahu apakah kondisi drone akan tetap baik-baik saja kedepannya atau tidak. 

Drone milik frogs indonesia sendiri bisa terbang dalam kondisi cuaca hujan, akan tetapi itu tidak disarankan karena bukan hanya faktor drone yang akan rusak tapi juga kondisi pilot dalam menerbangkan drone tersebut. Pandangan mata pilot saat menerbangkan drone saat hujan menjadi faktor terbesar kenapa drone tidak disarankan untuk terbang disaat hujan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.