fbpx

The Blog

Cargo Drone
BlogCargoFly HighPassengerProjects

LIDAR adalah singkatan dari Light Detection and Ranging. Merupakan sebuah teknologi Remote Sensing. Menggunakan laser scanner untuk menghasilkan topografi yang lebih akurat. Teknologi ini adalah pilihan lain dari pemetaan menggunakan drone. Selain sensor laser ini, ada juga kamera RGB dan Multispektral.

 

Pemetaan menggunakan drone telah menarik minat banyak orang. Namun karena ini remote sensing, membuat data pemetaan menggunakan drone masih banyak error. Terutama kalau bicara tentang akurasi. Penggunaan kamera RGB, yang bekerja secara Visual. Akhirnya akan menciptakan error yang lebih besar pada elevasi. Teknologi laser scanner menjadi pilihan tepat jika bicara tentang topografi. Karena berbasi tembakan laser. Teknologi ini mampu menembus lebatnya kanopi vegetasi.

Prinsip kerja dari LIDAR sebenarnya sangatlah sederhana, LIDAR melakukan perhitungan jarak dengan cara mengeluarkan sinar dari laser transmitter ke suatu permukaan, kemudian menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan sinar laser tersebut untuk kembali ke receptor.

 

Lidar bekerja dengan cara yang mirip dengan radar dan sonar. Namun menggunakan gelombang cahaya dari laser. Bukan gelombang radio atau suara. Sistem LIDAR menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan cahaya untuk menabrak objek atau permukaan. Kemudian cahaya tersebut akan memantul kembali ke pemindai. 

 

Jarak kemudian dihitung menggunakan kecepatan cahaya, ini dikenal sebagai pengukuran Flight Velocity. Sistem LIDAR dapat menembakkan sekitar 1.000.000 pulsa per detik. Hasil pengukuran kemudian dapat diproses menjadi visualisasi 3D yang dikenal sebagai “titik awan” atau Point Clouds.

 

Pada drone surveillance milik frogs indonesia sendiri sistem lidar sudah dipakai untuk melakukan pemetaan. Sistem ini sangat bagus dan akurat untuk digabungkan dengan drone karena dapat memudahkan proses pemetaan sehingga mendapatkan hasil yang presisi. Tak hanya di drone surveillance, penggunaan sistem lidar juga bisa digunakan untuk drone sprayer milik frogs indonesia. Dalam drone sprayer, lidar berguna untuk mengukur medan dan kontur. Tidak cuma itu, drone dengan sistem lidar juga bisa membaca kesuburan tanaman, tanah dan 

 

Adapun komponen lidar yaitu Laser, pemindai dan optik, photo detector dan receiver, navigasi sistem pemetaan.

Surveillancce Drone

Leave a Comment

Your email address will not be published.