fbpx

The Blog

BlogTechnology

Bagi Frogies pegiat dan pecinta pesawat udara tanpa awak (PUTA) atau juga dikenal dengan drone wajib hukumnya untuk mengetahui aturan yang mengatur mengenai pengoperasian drone. Aturan ini dibuat supaya ruang udara dapat terkendali dan tidak mengakibatkan kejadian yang tidak diingikan.

Peraturan ini dibuat salah satunya dikarenakan banyaknya masyarakat yang berminat terhadap drone. Tidak bisa dipungkiri penggunaan drone kini banyak dilakukan masyarakat sipil untuk berbagai aktivitas. Banyak juga masuk ke sektor-sektor mulai dari sektor seni hingga sektor pertanian, dan masih banyak sektor lainnya. Sehingga aturan-aturan yang ada wajib untuk dipelajari dan diingat ya Frogies.

Ada setidaknya 9 aturan yang akan membuat frogies menjadi lebih aman dan nyaman dalam mengoperasikan drone, tanpa harus takut dikenakan sanksi dari pihak yang berwajib. Apa saja aturan-aturan yang wajib bagi pegiat drone taati tersebut, mari kita jabarkan:

1. RPIC (Remote Pilot In Command)

Tidak ada teks alternatif tersedia untuk gambar ini

Setiap penerbangan drone yang frogies lakukan harus memiliki pilot yang bertanggung jawab untuk mengontrol. Secanggih apapun drone yang Frogies miliki harus tetap ada yang mengawasi dan mengotrol ya. Bagi kamu yang masih pemula jangan sampai peraturan yang satu ini terlewatkan, kamu juga bisa melihat belajar trik penting dalam menerbangkan drone bagi pemula.

2. Visual Line-of Sight (VLOS)

Tidak ada teks alternatif tersedia untuk gambar ini

Peraturan ini merupakan peraturan  dimana remote pilot harus mempertahakan kontak visual dengan drone secara langsung tanpa menggunakan alat bantu. Frogies kalian harus tahu bahwa pengoperasioan pesawat udara tanpa awak (PUTA) atau drone diperioritaskan dengan menggunakan kaidah VLOS.

3. Pilot Harus diam di satu tempat

Tidak ada teks alternatif tersedia untuk gambar ini

Para Pilot drone dilarang berada di kendaraan yang bergerak saat mengoperasikan drone. Pilot yang menerbangkan drone haruslah berada di satu tempat, tidak diperbolehkan untuk bergerak mengikuti drone. Maka karena itu ada orang yang bertugas menjadi helper yang akan membantu melihat pergerakan drone. Jadi jangan dilanggar ya peraturan no. 3, selain bahaya bagi diri sendiri hal ini juga berbahaya bagi orang lain.

4. Beroperasi pada Siang Hari

Tidak ada teks alternatif tersedia untuk gambar ini

Aturan ini salah satu aturan yang paling ketat dimana para pegiat dan pemain drone diijinkan menerbangkan drone pada siang hari. Maka karena itu Frogies yang ingin mengoperasikan drone, paling aman dioperasikan pada siang hari. Bagi Frogies yang memiliki kebutuhan untuk mengoperasikan drone di malam hari wajib untuk melaporkan ke pihak yang bertanggung jawab untuk mendapatkan surat ijin terbang pada malam hari.

5. Tidak diijinkan menjatuhkan barang

Tidak ada teks alternatif tersedia untuk gambar ini

Drone tidak dijinkan menjatuhkan barang sembarangan. Frogies yang menjatuhkan barang apapun dan dimana pun dengan sembarangan dari drone tanpa ijin dari pihak-pihak yang bertanggung jawab, jelas akan mendapatkan sanksi maka karena itu jangan langgar aturan yang sudah ada ya Frogies.

6. Tidak menerbangkan drone di atas kerumunan orang dengan sembarangan.

Tidak ada teks alternatif tersedia untuk gambar ini

Berkaitan dengan keselamatan orang banyak, frogies tidak boleh terbang di atas kerumunan orang sembarangan. Aturan ini juga mungkin paling pas bagi para pekerja perfilman. Dalam merekam orang-orang dengan menggunakan drone tidak boleh sembarangan loh. Jika ingin merekam jelas harus mendapatkan ijin terdahulu dari orang-orang yang direkam. Ini lebih pada menjaga privasi orang yang akan direkam.

7. Terbangkan pada Uncontrolled Airspace

Tidak ada teks alternatif tersedia untuk gambar ini

Ruang Udara yang tidak dikendalikan (Uncontrolled Airspace) adalah suatu ruang udara dimana kegiatan penerbangan di dalamnya hanya mendapatkan informasi tentang lalu lintas udara dan keterangan lain yang diperlukan seperti Flight Information Region (FIR), Flight Information Region (FIR). Uncontrolled Airspace adalah wilayah udara yang boleh dilintasi oleh drone sehingga kemungkinan bahaya (hazard) yang ditimbulkan dari drone bisa dicegah. Ayo Frogies kalian harus tahu nih tentang wilayah udara yang boleh dan tidak boleh dilalui oleh drone.

8. Ketinggian pengoperasian Drone

Tidak ada teks alternatif tersedia untuk gambar ini

Jika tadi sudah dijelaskan tentang ruang udara yang tidak dikendali boleh dilintasi drone, ada satu hal yang harus Frogies tahu bahwa drone tidak boleh dioperasikan pada ketinggian lebih dari 400 ft atau sekitar 120 meter walaupun berada di Uncontrolled Airspace. Jika drone ingin terbang lebih dari batas ketinggian tersebut, kamu harus memiliki surat ijin terbang terlebih dahulu.

9. Maksimal kecepatan Drone

Tidak ada teks alternatif tersedia untuk gambar ini

Maksimal kecepatan drone juga diatur ya Frogies, jadi jangan asal-asalan. Kecepatan maksimal drone yang diatur adalah kurang lebih 140 km/jam. Jadi jangan ngebut-ngebut tanpa ijin ya Frogies.

Inilah 9 aturan yang wajib bagi pegiat drone ketahui. Selama 9 aturan ini ditaati maka Frogies akan dengan nyaman dan aman mengoperasikan  drone di ruang udara tanpa harus takut diberikan sanksi. Ayo  mari kita bersama-sama menjaga keselamatan operasional penerbangan di ruang udara di Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.