fbpx

The Blog

Surveillancce Drone
BlogTechnology

Kemajuan teknologi rasanya sudah tidak bisa dihindari lagi, apalagi dengan adanya pesawat tanpa awak atau drone yang penggunaannya diperkirakan akan semakin banyak di masa depan. Maka karena itu mari kita membahas tips dan trik dalam menerbangkan Drone bagi kamu para pemula yang baru mencoba atau ingin lebih serius mengenal drone.

Ada 5 tips dan trik penting dalam menerbangkan drone bagi pemula, mari langsung saja dibahas apa saja tips dan triknya bersama FROGS Indonesia:

1. Pilih Drone yang tepat bagi pemula

Ada banyak drone yang bisa digunakan bagi frogies yang masih pemula, sebagaian besar drone bagi pemula merupakan tipe multicopter. Selain lebih stabil drone multicopter juga tidak memakan banyak tempat untuk menerbangkannya.

Frogies juga bisa menerbangkan drone jenis kalian, tapi pastikan ya drone yang kamu pilih memang tepat untuk pemula. Harus bertahap dulu untuk bisa menerbangkan segala macam jenis drone.

2. Baca Petunjuk Penggunaan dan Cara menerbangkan Drone

Ini penting ya frogies, membaca buku petunjuk penggunaan drone yang kamu gunakan karena tidak semua drone memiliki cara penggunaan kerja dan jenis remote control yang sama. Contohnya bisa jadi drone yang kamu gunakan beda cara penggunaannya dengan drone milik Frogs Indonesia.

Drone juga ada berbagai tipe dan cara menerbangkannya pun berbeda-beda, seperti Drone Sprayer Sekar Agri milik Frogs Indonesia dan Drone Cargo milik Frogs Indonesia memiliki cara terbang yang berbea loh. Jadi harus dibaca sampai habis dan dipahami terlebih dahulu cara penggunaan  dan menerbangkan drone kalian.

3. Cek Kondisi baterai drone

Sebelum menerbangkan drone, kamu harus pastikan kondisi dan daya tahan baterai sudah pas dan cukup siap untuk menerbangkan drone. Jika frogies gagal dalam mengestimasikan ketahanan daya baterai, bisa jadi drone kamu akan jatuh entah dimana.

Jadikan kebiasaan utuk mencek kondisi baterai drone kamu ya Frogies, agar kamu bisa memaksimalkan penggunaan drone kamu. Beberapa drone juga memiliki waktu pengisian baterai yang tidak cepat, jadi harus pastikan dulu sebelumnya.

4. Pahami dan taati aturan dalam menerbangkan drone

zBagi frogies yang masih pemula dan dunia drone, harus banget nih untuk bisa memahami dan taat akan aturan dalam menerbangkan drone. Kalian harus tau tidak semua daerah diijinkan untuk menerbangkan drone.

Ada yang namanya Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP), sehinga saat ini ada yang namanya sertifikat Federasi Aero Sport Indonesia (FASI), agar pilot drone bisa menerbangkan drone sesuai dengan aturan dan batas-batas kawasan. Jadi harus selalu melihat aturan, pahami, dan taati aturan.

Para pilot drone di Frogs Indonesia sudah mengantongi sertifikat FASI. Bagi kamu yang masih belum tahu, ada program yang dimiliki Frogs Indonesia bagi kamu yang ingin menjadi pilot drone, program tersebut adalah Pilot Development Program. Silahkan melihat lebih lanjut mengenai Pilot Development Proram (PDP) bagi kamu yang tertarik.

5. Pastikan Kondisi cuaca dan Tempat tepat untuk menerbangkan

Memastikan kondisi dan tempat untuk menerbangkan drone itu penting ya Frogies. Tempat yang tepat untuk menerbangkan drone setidaknya harus luas dan tidak memiliki penghalang seperti pohon, kabel-kabel. Dikarenakan bila ada penghalang drone bisa saja menabrak dan jatuh rusak.

Maka karena itu Fogies harus meminimalisirkan hal yang tidak diinginkan itu terjadi, salah satunya dengan memperhatikan kondisi cuaca, kecepatan angin, dan hal-hal lainnya yang dapat mempengaruhi penerbangan drone kamu.

Frogies yang berkeinginan untuk memulai menekuni drone atau yang ingin lebih serius menekuni drone, 5 hal diatas ini bisa membantu kamu agar tidak kebingungan untuk mengambil langkah dalam menerbangkan drone. Jangan takut untuk mencoba Frogies, kamu juga bisa memulai belajar bersama di Frogs Indonesia melalui Pilot Development Program. Salam Take Off.

Leave a Comment

Your email address will not be published.