fbpx

The Blog

BlogTechnology

Presiden Jokowi dalam sambutannya di acara pembukaan pelatihan petani dan penyuluhan pertanian secara virtual mengungkapkan bahwa saat ini mayoritas profesi petani di Indonesia berusia 45 tahun keatas, dan juga mengungkapkan bahwa generasi muda perlu untuk ditingkatkankan minatnya untuk menjadi petani.

Bukan hanya itu Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa Profesi petani harus menjadi profesi yang menjanjikan dan profesi yang menyejahterakan maka karena itu kesejahteraan petani harus bisa meningkat secara signifikan. Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa pemerintah  akan berusahan terus untuk membuat sektor pertanian sebagai sektor yang menguntungkan.

Bicara tentang petani muda di Indonesia, bagaimana kalau kita sedikit mengulik tentang apa saja kemajuan yang ada di bidang pertanian Indonesia. Pastinya dengan kemajuan ini diharapkan generasi muda mulai tergerak untuk terjun ke dunia pertanian.

  1. Kekuatan Ekonomi Di Indonesia

Pertanian Indonesia
Pertanian Indonesia (paktanidigital.com)

Pertanian merupakan salah satu sektor ekonomi yang kuat di Indonesia dalam kesempatan di sebuah acara kementerian Pertanian, Jokowi juga mengungkap bahwa hampir semua sektor mencatat pertumbuhan negatif pada 2020 kecuali sektor pertanian yang tumbuh positif sebesar 1,75 persen.

Sebagai negara agraris, jelas bidang pertanian merupakan salah satu sektor kunci penunjang pertumbuhan dalam perekonomian Indonesia. Kontribusi sektor pertanian sangatlah besar bagi Indonesia. Inilah yang membuat bidang pertanian menjadi sektor ekonomi yang kuat di Indonesia.

  1. Kemajuan Teknologi Pertanian

Teknologi Pertanian
Drone Pertanian

Tahukah kamu bahwa perkembangan teknologi yang saat ini sedang terjadi di dunia rupanya juga berdampak ke bidang pertanian di Indonesia. Perkembangan teknologi pertanian di Indonesia saat ini semakin maju, berbagai teknologi mulai dari pra-panen hingga pasca panen sudah diciptakan.

Salah satu contohnya adalah Drone penyemprotan pupuk dan bibit. Teknologi ini muncul untuk bisa membantu para petani. Bukan hanya itu drone surveillance juga hadir untuk melakukan kegiatan aerial mapping membantu para petani.

Drone Surveillance ini akan membantu petani untuk memetakan lahannya dan juga memetakan kesehatan tanaman mereka melalui udara. Dengan segala kemajuan teknologi pertanian ini diharapkan generasi muda mulai terjun ke dunia pertanian.

  1. Profesi yang Menjanjikan

Digital Farming (marketeers.com)

Seperti yang sudah dikatakan bagaimana sektor pertanian merupakan kunci perekonomian Indonesia, profesi petano ini jelas menjanjikan untuk para generasi muda.

Mindset bahwa petani itu kotor, blepotan, tidak ada inovasi teknologi, dan sebagainya harusnya dihilangkan. Profesi ini jelas bisa sangat menjanjikan karena tidak ada manusia di dunia ini yang tidak membutukan makanan.

Ayo para generasi muda dengan inovasi, work ethic yang sangat tinggi, dan juga pengetahuan kamu, bidang pertanian jelas bisa menjadi salah satu sektor kunci penunjang perekononomian yang kuat di Indonesia. Yuk generasi muda majukan pertanian dan ekonomi Indonesia bersama-sama.

Leave a Comment

Your email address will not be published.