Blog

Pengembangan Startup Inovatif Oleh UMG Idealab

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Perkembangan teknologi yang saat ini terus meningkat seakan menuntut masyarakat untuk terus hidup modern. Berbagai sector kehidupan pun saat ini membutuhkan kemajuan teknologi untuk memudahkan berbagai aktivitas di setiap lapisan masyarakat. Tidak hanya yang bekerja di bagian IT saja yang membutuhkan kemajuan teknologi tersebut, tetapi juga berbagai sector seperti transportasi, pendidikan, ekonomi, pengembangan infrastruktur, dan berbagai sector lainnya. United Machinery Group (UMG) merupakan salah satu konglomerasi asal Myanmar yang memiliki kurang lebih 3000 karyawan dan tersebar di seluruh kawasan Asean termasuk Indonesia. UMG mendirikan cabang perusahaan dengan nama UMG Idealab di Indonesia dan memiliki visi sebagai perusahaan investasi yang memberikan pendanaan dan pendampingan kepada startup-startup di Indonesia yang berpotensi.

Salah satu startup berpotensi yang berada di bawah UMG Idealab ini adalah FrogsID. Raymon Gerald Wolff sebagai Chief Operating Officer di UMG dengan base di Myanmar menceritakan visi misi tersebut hingga pada akhirnya tercetuslah FrogsID ini. UMG Idealab ini merupakan unit bisnis dari UMG yang menampung inovasi. Idealab membuat bisnis yang temanya berada di startup. Karena saat ini mulai banyak bermunculan startup yang menggunakan high technology dan juga inovasi tinggi. CEO UMG, Kiwi Aliwarga memiliki visi perusahaan tersebut harus lebih maju dari pasar dan perusahaan yang lain, sehingga Idealab membangun unit bisnis sebagai wadah inovasi di UMG Idealab ini.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_single_image image=”934″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]UMG Idealab menaungi berbagai macam startup yang menggunakan high technology dan mempunyai visi masa depan yang baik, mempunyai konsep dari bisnis proses maupun bisnis model yang bagus, dengan basis teknologi yang mendukung bentuk bisnis di masa depan. Sedangkan ide-ide tersebut dikemukakan oleh Kiwi Aliwarga. Beliau melihat kebutuhan dunia saat ini dimana kebutuhan tersebut bisa menjadi unit bisnis dan bisa dikembangkan untuk teknologi masa depan. Beliau berusaha untuk membangun teknologi tersebut sehingga UMG tidak tertinggal oleh perusahaan lainnya. Pengembangan ini pun tidak terbatas dari satu maupun dua unit bisnis saja, tetapi berbagai unit dimana teknologi tersebut bisa dikembangkan, UMG akan mencoba untuk mengembangkannya.

Startup yang sedang berkembang saat ini dan berada di bawah UMG Idealab ini salah satunya adalah ForgsID. Prototype FrogsID ini sendiri memiliki tujuan membuat taxi drone. FrogsID akan menjadi inovasi baru dalam dunia teknologi transportasi. Bahkan tidak hanya UMG saja yang sedang melakukan inovasi tersebut, tetapi juga perusahaan besar seperti Uber pun sudah mulai membuat inovasi teknologi taxi drone. Sehingga bisa dipastikan pasaran ini akan ramai dan menjadi alat transportasi masa depan. Dengan demikian, alangkah lebih baiknya jika kita ikut serta berpartisipasi dalam investasi transportasi masa depan tersebut. Seperti halnya dengan teknologi transportasi online yang hingga saat ini cukup banyak diminati baik di Indonesia maupun negara tetangga.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_single_image image=”932″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]UMG Idealab ini memberikan wadah investmen dan coaching juga tutoring kepada startup untuk membangun bisnis supaya tidak mencari sendiri. UMG tidak hanya memberikan uang sebagai investasi startup tersebut, tetapi juga membimbing dan mengajak bekerjasama para pemuda yang mendirikan startup. Karena kebanyakan mereka belum mengenal seperti apa dunia bisnis yang sesungguhnya. Sehingga dengan coaching dan mentoring UMG Idealab ini, diharapkan bisa mengakselerasi dan menjadi plus point. Seperti di bidang marketing, pajak, atau pun financial dan HRD yang sudah dikuasai oleh perusahaan besar bisa diberikan kepada mereka melalui coaching tersebut.

Beberapa startup dibawah UMG Idealab yang sudah mulai berjalan di Indonesia ini adalah ProSehat, yaitu aplikasi online yang menjual produk kesehatan seperti jasa vaksin ke rumah. Ada pula Aruna yang menjual beli hasil laut langsung dari nelayan kepada konsumen. Teknologi Fishtron juga dikembangkan untuk memberi makan ikan atau udang di tambak yang bisa dikendalikan dengan handphone. Selanjutnya ada RitX, yaitu aplikasi yang membantu dari sector pertanian. Terdapat input untuk petani yang digunakan untuk membeli peralatan pertanian secara online, dan mereka juga bisa menjual hasil pertanian secara online pula, dan masih banyak lagi teknologi yang kita kembangkan.

Dengan segala yang telah Idealab berikan kepada startup-startup tersebut, harapannya perusahaan ini bisa menjadi perusahaan global yang bisa membantu startup-startup di seluruh dunia untuk bisa menjadi unicorn-unicorn.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_single_image image=”933″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][/vc_row]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *