The Blog

Test Flight Passenger Drone Frogs 282
BlogPassengerProfileTechnology

Sabtu, 7 Maret 202o lalu akhirnya FrogsID berhasil melakukan test flight perdana untuk Air Taxi Drone Passenger yang berlangsung di Lapangan Udara Gading, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta. Passenger Drone buatan Frogs merupakan drone penumpang pertama buatan anak bangsa, generasi bangsa Indonesia. Drone yang diuji cobakan kali ini merupakan drone penumpang versi ke-2 milik Frogs.

Passenger Drone versi kedua ini dijuluki sebagai Frogs 282 yang artinya  2 penumpang dengan 8 mesin dan merupakan generasi ke 2. Hadirnya drone untuk penumpang ini merupakan sebuah upaya untuk menghadirkan sebuah pesawat penumpang yang dapat mencakup lebih banyak tempat yang bisa digerakkan dengan tenaga listrik tanpa fuel atau bahan bakar dengan biaya lebih murah. Dengan kelebihannya, Vertical Take Off, maka tidak diperlukan pula landasan yang terlalu luas dan cukup pada area seluas mobil.

Spesifikasi dari drone penumpang ini sendiri memiliki kemampuan untuk ditumpangi berat beban 200kg atau dengan 2 orang penumpang. Kemampuan lainnya adalah maksimal flight time 2×15 minutes flight time dan maximum speed 100km/h dengan panjang 3,6m; lebar 3,6m; dan tinggi 1;8m.

Setelah selama kurang lebih 1,5 jam perancangan, drone Passenger diuji terbangkan dengan hasil uji seluruh motor berfungsi dan berhasil mengangkat wahana beberapa sentimeter di atas tanah. Pengujian terbang ini memang tidak tinggi karena harus melewati beberapa proses dan riset pembuatan drone ini sendiri telah dilakukan sejak tahun 2017. Menurut penuturan CTO Frogs, Dede Satria Maulana, limit pada motornya masih perlu dinaikkan karena udara yang lembab dan dingin sehingga membuat masa jenis udara cukup agak berat. Dari hasil uji coba kali ini juga, tim Frogs menargetkan untuk penyempurnaan Air Taxi Drone ini selama tiga bulan kedepan. Ikuti terus perkembangan drone karya anak bangsa melalui akun instagram kami @frogs.id dan jangan lupa follow dan subscribe Channel Youtube Frogs Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.