AirMap, Blog, Business Use, Cargo, Customize, Technology

Manfaat Drone Untuk Konstruksi

Manfaat drone untuk konstruksi adalah memanfaatkan teknologi nirawak terkini untuk membantu dan memudahkan identifikasi, pemetaan, dan laporan berkala, memaksimalkan waktu yang terbuang.

Pemetaan topografi adalah tugas rutin bagi banyak surveyor mendukung insinyur, dan profesional di konstruksi. Hampir semua desain proyek memerlukan survei topografi, agar manajer proyek mengetahui karakteristik tanah, sehingga dapat mendesain proyek dengan benar.

Dalam hal ini, drone merupakan salah satu pemilihan metode untuk berbagai aktivitas di konstruksi. Manfaat drone dapat digunakan sebagai bahan dasar beberapa opsi rekayasa. Yaitu untuk pemilihan lokasi kelayakan, pemetaan, laporan, monitoring, dan menganalisa cepat dalam aspek konstruksi.

Jasa pemetaan menggunakan drone dapat menjangkau area yang luas, yang tidak dapat tercapai dengan metode konvensional secara cepat. Dengan cakupan area yang luas tersebut, jasa pemetaan udara ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Untuk memantau perkembangan kemajuan proyek konstruksi, foto harus diambil tiap minggu. Hal ini dilakukan agar kemajuan proses konstruksi dapat langsung dipantau setiap saat.

Pemanfaatan drone ini juga memungkinkan semua pekerjaan terpantau dengan baik, termasuk ketinggian dan sudut hanya dengan kontrol jarak jauh. Alat ini juga mampu mengontrol setiap detail pekerjaan dalam skala mikroskopis, tanpa harus berjalan mengelilingi lokasi proyek.

Selain itu, manfaat drone dapat dengan cepat menangkap citra dari lokasi proyek bahkan mampu menghasilkan peta 3 dimensi. Teknologi ini juga memiliki kemampuan untuk terbang sangat dekat dengan objek sehingga dapat menangkap gambar dengan resolusi tinggi, khususnya di lokasi yang sulit dijangkau.

Satu lagi manfaat drone untuk konstruksi adalah drone bisa membawa lokasi ke dalam ruangan. Dengan teknologi ini, semua orang yang berkepentingan dalam sebuah proyek dapat langsung membuat keputusan hanya dengan melihat gambaran real.

Perubahan desain juga bisa langsung didiskusikan pada saat itu juga. Normalnya, perubahan bisa memakan waktu hingga berminggu-minggu lamanya. Namun dengan penggunaan drone ini, perubahan bisa dilakukan secara langsung tanpa memerlukan waktu yang banyak. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *