Blog, Cargo, Customize, Developers

Perbedaan GPS dan GPS Drone

GPS adalah singkatan dari Global Positioning System. Ini mengacu pada sistem satelit yang secara konstan mentransmisikan sinyal, dan terminal GPS yang mengambil sinyal tersebut dan menghitung posisinya di Bumi dengan mengukur jarak antara dirinya dan dua atau lebih satelit GPS (dengan mengukur waktu yang diperlukan untuk menerima sinyal tersebut).

GPS dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika. Jumlahnya sudah ribuan dan tergantung dari kegunaan masing-masing dari satelit tersebut. Secara singkat GPS ini dipakai untuk menunjukkan posisi dari alat yang kita pakai.

 

Kini GPS sendiri sudah digunakan pada drone pada umumnya. Dimana fungsi dari GPS pada drone adalah, menuntun drone agar dapat kembali ke lokasi pertama kali drone tersebut diterbangkan.

GPS menjadi salah satu komponen drone yang bisa dibilang paling penting untuk drone semi profesional, dan bisa menjadi sangat penting pada drone profesional. Peran GPS sangat penting karena sebagai modul penanda lokasi secara realtime pada drone yang sedang terbang di udara. Dengan adanya GPS, drone jadi bisa mempertahankan lokasi dimana ia terbang, dan tidak akan geser dari tempat ia terbang sebelum mendapatkan perintah dari remote.  Dan disisi pilot, drone menjadi lebih aman dari ancaman fly away.

Di beberapa kasus, data dari GPS bisa digunakan untuk beberapa keperluan seperti pemetaan skala besar, lalu bisa menjadi patokan waypoint, dan yang lainnya.

Drone jenis ini memiliki fungsi utama untuk memudahkannya kembali ke titik awal penerbangan. Hingga saat ini hampir semua produsen Drone telah menyematkan teknologi tersebut. Disamping itu, hadirnya fitur GPS pada sebuah Drone juga akan menambah nilai jual tersendiri. Bukan hanya fitur GPS, saat ini telah hadir beragam kamera udara remote control yang dibekali dengan fitur-fitur berteknologi canggih.

Kemudian Drone GPS juga kerap difungsikan dalam kegiatan pemetaan. Menggunakan Drone jenis ini akan memudahkan petugas dalam membuat peta pada suatu daerah yang sulit dijangkau kendaraan. Hal tersebut tentu saja berkat kamera yang terpasang pada alat ini mampu merekam video dengan hasil yang super jernih, berkualitas 4K.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *