Blog

Apa Itu Drone VTOL?

Drone VTOL atau biasa disebut drone fixed wing adalah drone yang memiliki sayap tetap yang sekaligus sudah sebagai penggerak dari pesawat tersebut. Pesawat tanpa awak ini juga menggunakan baling-baling sebagai penggerak. Sehingga drone dapat berfungsi dengan baik.

VTOL sendiri adalah singkatan dari Vertical Take-Off Landing, yang berfungsi sebagai pemetaan, logistik atau juga pemantauan. Sesuai dengan namanya, drone ini memiliki kemampuan terbang sekaligus mendarat secara vertikal.

UAV VTOL atau drone VTOL ini tentu memiliki beberapa kelebihan, kelebihan inilah yang nantinya menjadi alasan mengapa VTOL digunakan sebagai  survey pemetaan, pemantauan, ataupun logistik.

Kelebihan yang pertama adalah pesawat UAV VTOL tidak perlu atau tidak membutuhkan space/ruang yang luas untuk take-off and landing. Misal saja sebagai pemetaan udara. Untuk melakukan pemetaan di udara, dengan pesawat UAV VTOL dapat dengan mudah melakukan pemotretan di udara seperti menggunakan drone copter.

Selanjutnya pesawat UAV VTOL juga mudah dioperasikan untuk take-off dan landingnya itu sendiri. Drone VTOL mudah dioperasikan sebab kemampuan  pilot drone hanya sebatas menjaga drone saat otomatis take off dan landing.

Drone VTOL juga memiliki durasi terbang yang jauh lebih lama. Oleh karena itu mengapa drone VTOL digunakan pada pemetaan ataupun pemantauan. Karena jam terbang VTOL yang lebih lama dibandingkan drone lainnya. Hal ini bisa membuat efektivitas dan efisiensi kerja di lapangan menjadi lancar dan mudah.

Tak hanya itu, drone VTOL memiliki minim resiko crash saat sedang take off dan landing. Dengan konsep VTOL inilah dikarenakan pesawat tanpa awak seperti seperti drone copter saat landing dan sangat aman. Hal ini menjadi penting agar UAV serta kameranya yang digunakan tetap aman tanpa harus mengkhawatirkan barangnya akan pecah atau rusak ketika tabrakan saat landing. 

Itulah pengertian serta beberapa manfaat atau keunggulan dari pesawat terbang UAV VTOL dalam melakukan tugas atau fungsi terbangnya

Surveillancce Drone

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *