Blog, Technology

Proses Produksi Prototype Pertama Wings Air Taxi

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Saat ini tim FrogsID sedang memproduksi dua komponen pesawat yaitu fuselage dan wings. Postingan sebelumnya kita sudah menceritakan tentang proses pembuatan Fuselage. Bersamaan dengan itu, di tempat lain kita Tim Frogs juga memproduksi Wings. Metode yang digunakan untuk memproduksi wings ini adalah metode Vacum Baking. Struktur dari Wing ini menggunakan bahan dari foam core. Kita juga akan melapis foam yang sudah dibentuk tersebut menggunakan mesin CNC. Kemudian kita akan membuat spar dari karbon fiber. Setelahnya akan kita lapisi skin dari wings menggunakan karbon fiber juga.

Berdasarkan literasi design yang terakhir, kita mendapatkan wing spend sayap 4 meter. Besarnya gaya yang disimulasikan kita simulasikan untuk menentukan berapa ketebalan untuk sparnya. Ada beberapa proses yang sebelumnya sudah dilakukan yaitu uji material dan simulasi struktur yang kemudian kita tuangkan ke dalam design yang sedang kita produksi ini. Kita juga menggunakan karbon fiber ini karena menurut kami sampai saat ini karbon fiber merupakan material yang relative bisa didapatkan dan juga memiliki kemampuan mechanical properties.

Jadi setelah wing ini jadi, kita akan assembly dengan fuselage yang dikerjakan di tempat lain, kemudian kita pasang boom motornya yang digunakan untuk tempat mounting motor. Untuk pembuatan wing ini sendiri kita targetkan selesai dalam waktu 2 bulan saja dan semua material yang kita gunakan pun sudah tersedia. Untuk membuat wing ini kita awali dengan memotong Styrofoam tipe hard dengan intensitas 20 kg/m3. Kemudian kita lapisi bagian spar, sub spar, main spar dan trailing edge dengan karbon fiber. Setelah semua terlapis selanjutnya kita jadikan satu dan kita sambung dengan adhesive untuk dibuat spar cab. Kemudian spar cab ini kita lapisi lagi dengan karbon fiber untuk skinnya menggunakan metode vacuum baking.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_single_image image=”1310″ img_size=”full” alignment=”center”][/vc_column][/vc_row][vc_row][vc_column][vc_column_text]Kelebihan dari metode yang kita kerjakan untuk produksi sayap adalah kita bisa memproduksinya lebih cepat dan lebih mudah. Karena kita tidak harus membuat master molding dan moldingnya. Proses produksi ini merupakan proses lanjutan dari proses design dan simulasi, sehingga harapannya kita bisa memproduksi sesuai dengan spesifikasi design. Jadi, ketika diaplikasikan ke lapangan nanti sayap bisa kuat dan ringan.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *