The Blog

BlogProfile

Frogs berhasil keluar sebagai pemenang dalam ajang Indonesia Rice Bowl Startup Award 2019 dan Forbes Indonesia Digital Conference 2019 sebagai Indonesia Best New Comer 2019 di Jakarta, 17 Oktober lalu.

Asean Rice Bowl Stratup Awards merupakan sebuah ajang yang telah diselenggarakan sejak 2016, bertujuan untuk menghubungkan dan memberdayakan komunitas ekonomi di seluruh wilayah ASEAN. Hal ini juga bertujuan untuk memperkuat ekonomi lokal dengan startup. Program ini diorganisir oleh The New Enterpreneurs Foundation(myNEF) sejak 2015 dan tahun ini adalah tahun kelima. The New Entrepreneurs Foundation atau myNEF adalah organisasi non-profit kemitraan pemerintah Malaysia, sebuah platform yang medukung pengembangan ICT dan industri kreatif di Malaysia melalui berbagai program strategis yang diharapkan dapat meningkatkan pengembangan bisnis ICT di negara.

myNEF memainkan peran penting dalam menjembatani pemain industri dan pemerintah. Bekerja sama dengan agen dan berbagai pemerintah terkait perusahaan, upaya terpadu ini penting dalam mendukung program-program yang sudah ada maupun program yang akan datang.

Rice Bowl memberikan penghargaan kepada startup-startup di seluruh wilayah ASEAN atas inovasi, keunggulan, dan kinerja terbaik mereka. Penghargaan ini juga mengapresiasi determinasi, risiko, dan kerja keras yang ada dalam pengembangan sebuah startup. Awards ini pun dibagi menjadi 3 tahapan yaitu tahap regional, nasional, dan global. Rice Bowl telah memamerkan keterampilan-keterampilan yang dimiliki oleh para startup dari seluruh Asia Tenggara sejak tahun 2015. Startup yang tampil memberikan inspirasi, dan contoh bagi para calon startup yang hadir.

Adapun 10 negara ASEAN yang ikut berpartisipasi dalam ASEAN Rice Bowl Startup Awards  diantaranya Brunei, Combodia, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Philippinesm Singapore, Thailand, dan Vietnam. Beberapa kategori yang dipertimbangkan yaitu Startup Of The Year, Founder Of The Year, Best Newcomer, Best IoT Startup, Best Foodtech/Agritech Startup, Best Life Helper, Best E-commerce & Supply Chain Startup, Best AI & Machine Learning Startup, Best Fintech Startup, Investor Of The Year, Best Coworking Space, Best Accelerator Or Incubator Program, dan People’s Choice.

ASEAN Rice Bowl Awards memiliki tiga tingkatan kompetisi diantara kompetisi tingkat Nasional, Regional, dan Global. Dalam tahap pertama kompetisi yaitu tingkat Nasional, startup yang terdaftrar di suatu negara tertentu dapat dinominasikan untuk mendapatkan penghargaan sesuai dengan kategori yang ada selama memenuhi kriteria. Akan ada putaran penjurian oleh sebuah panel ahli industri lokal serta pemungutan suara publik. Pada tahap Regional, semua pemenang kompetisi tingkat nasional secara otomatis akan bersaing dalam kompetisi tahap ini. Putaran penjurian dilakukan secara langsung. Sedangkan pada tahap Global, hanya pemenang pada kategori dasar yang akan bersaing di tahap ini.

Penghargaan ini sangat membantu membangun reputasi Frogs sebagai startup terobosan pertama pengadaan AirTaxi di tingkat ASEAN. Dengan peraihan pernghargaan ini pula menjadikan Frogs semakin proven sebagai solusi penggunakan tekhnologi drone dalam berbagai macam keperluan, sehingga FrogsID dapat terus bertumbuh dan berkembang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.