Blog, Commercial Use, Customize, Fly High

Perbedaan Drone Multirotor & Fixed Wing

Pesawat tanpa awak, atau sering disebut Drone mempunyai banyak jenis, jenis ini dibedakan dari baling-  baling yang digunakan. Cara paling mudah untuk mengkategorikan sebuah tipe atau jenis Drone tertentu, adalah dengan membaginya sesuai dengan kebutuhan si pengguna Drone. Karena ada beberapa jenis Drone yang dibuat khusus, sesuai dengan keperluannya.

Pasar drone telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan ini telah menyebabkan lebih banyak penelitian dan pengembangan di lapangan. Bukan hanya untuk kebutuhan pekerjaan atau hobi saja, tipe Drone juga bisa dikategorikan menurut masing-masing desain dan modelnya. Pada umumnya, ada dua jenis Drone yang dilihat dari segi desainnya yaitu drone multirotor dan drone fixed wing.

 

Drone multirotor adalah drone yang menggunakan baling-baling untuk terbang dan bergerak dengan memanfaatkan gaya angkat yang dihasilkan dari putaran motor yang terpasang propeller. Drone Multirotor sendiri dibedakan berdasarkan jumlah motornya, pada umumnya drone ini memiliki motor dengan jumlah mulai dari 3 (Tricopter), 4 (Quadcopter), 6 (Hexacopter), 8 (Octocopter) dan lainnya.

Saat berada di udara, drone ini menggunakan baling-baling dengan irama tetap untuk mengendalikan gerakan mereka dengan mengubah kecepatan setiap rotor. Proses ini mengubah torsi yang dibuat, yang memungkinkan rentang gerak yang sangat unik. Ini memberikan keuntungan spesifik, terutama dalam menangkap gambar di medan yang sulit.

Sama seperti pesawat tradisional, drone fixed wing dirancang agar terlihat lebih seperti pesawat terbang. Fixed wing dibangun dari badan pusat yang memiliki dua sayap. Saat terbang, kedua sayap mengimbangi bobot keseluruhannya, yang membantunya tetap terbang.

Surveillancce Drone

Drone sayap tetap ini memiliki sayap terbang yang strukturnya kaku, yang nantinya bisa membantu menghasilkan daya angkat pada bagian bawah sayap terbangnya. Waktu terbang dan kapasitas muatan pada tipe Drone ini adalah jenis Drone yang memang paling baik.

Drone sayap tetap juga biasanya dipakai untuk kebutuhan pengiriman barang/benda tertentu. Bahkan salah satu perusahaan medis, menggunakan Drone ini untuk melakukan pengiriman pasokan darah atau alat-alat medis ke beberapa daerah terpencil.

Frogs Indonesia sendiri memproduksi drone dengan 2 jenis tersebut, yaitu multirotor dan fixed wing. Produk seperti sekar agri drone sprayer dan turunannya menggunakan multirotor, sedangkan aksa mapper drone surveillance menggunakan fixed wing.

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *