Blog, Business Use, Customize, Profile

Drone Sekar Agri Menjadi Drone Pertama Yang Bersertifikasi TKDN

Indonesia adalah salah satu negara yang Masuk Kategori Negara Industri. Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto berpandangan bahwa Indonesia dalam proporsi ekonominya dapat dikategorikan sebagai sebuah negara industri. Pasalnya, sektor industri merupakan kontributor terbesar bagi perekonomian nasional dengan sumbangannya mencapai lebih dari 20 persen. Industry dalam negri tetap bertahan bahkan tumbuh walaupun dalam masa pandemic. Industri manufaktur memberikan kontribusi terbesar atas kenaikan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 7,07% pada triwulan II tahun 2021. Sektor ini merupakan sumber pertumbuhan tertinggi, yaitu sebesar 1,35%. Di periode itu, sektor manufaktur sendiri mencatatkan pertumbuhan sebesar 6,91% meskipun mengalami tekanan akibat pandemi Covid-19. Sangat luar biasa.

Produk industri dalam negri tentunya memiliki beberapa keunggulan, salah satunya adalah tingkat komponen dalam negrinya atau yang biasa disebut dengan TKDN lebih besar dari produk luar negri. TKDN adalah persentase komponen produksi yang dibuat di Indonesia pada suatu produk barang dan jasa atau gabungan antara barang dan jasa. Untuk mendukung industri dalam negri di dalam Perpres Nomor 12 Tahun 2021 Pasal 67 pemerintah mendorong utuk penggunaan produk yang memiliki TKDN paling rendah 25% (dua puluh lima persen), dan ini juga harus dibuktikan dengan sertifikasi yang dilakukan oleh kementrin perindustrian.

 

FROGS INDONESIA sebagai salah satu pioneer industry drone tanah air juga menaruh perhatian terhadap hal ini cukup serius. FROGS INDONESIA memiliki lebih dari satu produk yang bisa dipasarkan untuk memenuhi beberpa kebutuhan di masyarakat ataupun menjadi pendukung di industry lainnya. FROGS INDONESIA dan beberapa pengembang teknologi drone yang nota bene adalah teknologi baru yang masih asing di beberapa masyarakat memiliki tantangan besar dalam hal TKDN ini. produk drone yang dihasilkan masih membutuhkan komponen dari luar negri yang lumayan banyak, maka dari itu tim FROGS INDONESIA harus bekerja keras untuk menghasilkan produk drone yang memiliki nilai TKDN yang cukup untuk memenuhi standar regulasi.

 

Tim desain dan engineering dari FROGS INDONESIA harus menghasilkan sebuah produk drone yang berbeda dari lainnya dan menggunakan part-part custom atau yang diproduksi dalam negri sebanyak mungkin. Riset dan pengembangan yang memakan usaha dan waktu yang lumayan besar juga melibatkan anak negri yang menjadi nilai tambah untuk produk-produk dari FROGS INDONESIA.

 

Salah satu produk unggulan dari FROGS INDONESIA telah melewati proses sertifikasi TKDN ini, yakni Sekar Agri Drone Sprayer 10L. melalui salah satu program dari kementrian perindustrian, FROGS INDONESIA melakukan proses sertifikasi TKDN dengan asesmen dari PT. Surveyor Indonesia. Dengan melalui beberapa tahapan dan proses pengisian form, dan kelengkapan data keuangan, riset, dan beberapa hasil pengujian juga

Related post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *