fbpx

The Blog

Surveillancce Drone
AirMapBlogSurveillance

Pemetaan melalui udara (aerial mapping) merupakan sebuah aktivitas survei atau aktivitas dalam memetakan sebuah kawasan atau lahan dari udara. Kegiatan ini dikerjakan dengan mudah dengan menggunakan teknologi drone, seperti drone surveillance atau drone lainnya yang memiliki spesikasi yang tepat.

Pemetaan melalui udara (aerial mapping) saat ini banyak digunakan berbagai bidang diantaranya di bidang pertanian, perkebunan, kehutanan, pertambangan, dan beberapa bidang lainnya yang memerlukan adanya pemantauan dan pemetaan. Sehingga pemetaan melalui udara (aerial mapping) bukan hal yang asing lagi.

Menggunakan drone untuk memetakan sebuah wilayah atau lahan memang memiliki nilai plus nya tersendiri. Mari membahas beberapa keunggulan menggunakan teknologi drone dalam melakukan pemetaaan udara (aerial mapping).

1. Waktu Lebih Cepat

Salah satu keunggulan dari pemetaan udara (aerial mapping) menggunakan drone adalah tidak memakan waktu yang lama.  Bila dibandingkan pemetaan secara manual pemetaan menggunakan drone prosesnya cepat dan mudah. Frogies tidak menunggu lama untuk bisa mendapatkan data hasil pemetaan.

Proses pengambilan foto area maupun survei melalui udara (aerial mapping) bersama dengan FROGS Indonesia hanya diperlukan waktu 3-4 hari untuk luas area kurang lebih 1000-2000 Ha. Hasil pemetaan foto udara akan selesai diolah dan dapat digunakan kurang dari 6 hari.

Bayangkan jika Frogies memiliki luas lahan atau kawasan beribu-ribu hektarare dan masih menggunakan pemetaan secara manual, pastinya akan memakan waktu yang lama. Inilah salah satu keunggulan dari pemetaan menggunakan sebuah drone.

2. Biaya Terjangkau

Pemetaan suatu kawasan atau area dengan menggunakan drone akan memakan biaya yang jauh lebih efisien dibandingkan dengan cara manual atau yang lainnya. Hal itu dikarenakan pengoperasian drone sangat mudah dan efektif serta waktu yang dibutuhkan untuk memetakan suatu wilayah yang sangat cepat, sehingga tidak memerlukan biaya operasional yang besar.

Bukan hanya itu dikarenakan waktu yang digunakaan untuk mapping kawasan yang luas tidak memakan waktu lama, sehingga biaya pun lebih murah dibandingkan dengan pemetaan secara manual yang memakan waktu yang lebih lama.

3. Data Akurat

Keunggulan menggunakan drone sebagai alat untuk membantu Frogies dalam melakukan pemetaan udara (aerial mapping) adalah data yang didapatkan memiliki akurasi yang tinggi.

Teknologi yang ada di drone memmbuat data yang kamu dapatkan sangat memuaskan, seperti teknologi alat navigasi yang akurat yang digunakan dalam avonik drone milik FROGS Indonesia. Teknologi ini membantu drone untuk terbang sesuai jalur yang telah direncanakan dan menghasikan data yang juga pastinya akurat.

4. Peta Udara Beresolusi Tinggi

Didukung dengan alat yang canggih seperti kamera yang beresolusi tinggi, data yang didapatkannya pun lebih jelas dan bersih. Pemetaan udara (aerial mapping) menggunakan Drone  mampu menghasilkan peta foto orthogonal yang beresolusi tinggi yang memiliki kualitas gambar yang cukup untuk mengidentifikasi objek yang ada di dalam kawasan

Selain itu bukan hanya gambar 2 dimensi saja yang bisa dihasilkan, model kontur tanah kawasan secara 3 dimensipun dapat dihasilkan sehingga memudahkan kita untuk mengambil keputusan dalam perencanaan pengembangan kawasan tersebut.

Informasi untuk kamu, drone milik FROGS Indoensia juga mampu menghasilkan gambar khusus dengan sensor kamera yang tidak seperti kamera biasanya. Contohnya seperti peta foto NDVI yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi kesehatan tanaman dalam area perkebunan guys.

Inilah 4 keunggulan dari menggunakan teknologi drone dalam melakukan pemetaan udara. Jangan Ragu lagi untuk mulai menggunakan metode pemetaan udara (aerial mapping) menggunakan drone.  Jangan bingung juga untuk mencari jasa pemetaan udara (aerial mapping), ada FROGS Indonesia yang siap membantu Frogies melakukan aerial mapping.

Leave a Comment

Your email address will not be published.