fbpx

The Blog

Sprayer Drone
SprayerSurveillanceTechnology

Frogs Indonesia sebagai perusahaan manufaktur teknologi pesawat tanpa awak yang berdedikasi tinggi untuk melayani masyarakat Indonesia dan juga berkeinginan untuk dapat mengembangkan industri pertanian melalui pengembangan teknologi pertanian 4.0, kembali  bersama dengan perusahaan asal Jepang yang bergerak di bidang pertanian yaitu MyFarm melaksanakan kegiatan penyemprotan/spraying pupuk cair berbahan organik pada lahan petani Karawang, Jawa Barat.

Kegiatan penyemprotan/spraying pada Sabtu, 22 Mei 2021 di lahan padi milik petani (Bapak Sarma dan Bapak Jajang ) Karawang,  Jawa Barat menggunakan Drone Sprayer milik Frogs Indonesia yang dapat menampung muatan berbahan cair sebanyak 10 Liter. Drone sprayer ini sering juga disebut dengan Drone Sekar Agri 10L.

Dalam kegiatan penyemprotan/spraying yang dilakukan di Lahan milik Bapak Sarma seluas 1,5 hektarare, Drone Sekar Agri 10L hanya membutuhkan waktu selama 8 menit 16 detik untuk melakukan penyemprotan, sedangkan pada lahan seluas 1 hektarare  milik Bapak Jajang dapat diselesaikan dalam waktu 5 menit 18 detik.

Melalui kegiatan penyemprotan/spraying ini Frogs Indonesia juga berkesempatan untuk dapat memberikan informasi mengenai keunggulan teknologi pertanian 4.0 khususnya teknologi Drone Sprayer. Beberapa keunggulan ketika menggunakan Drone Sprayer Sekar Agri dibandingkan dengan metode semprot manual yang biasa dilakukan saat ini antara lain :

    • – Pertama, penyemprotan/spraying menggunakan Drone Sprayer Sekar Agri 10L dapat dilakukan 10Ha/hari, sedangkan metode semprot manual hanya dapat melakukan penyemprotan/spraying 0,3-1Ha/harinya.

       

    • – Kedua, penyemprotan/spraying menggunakan Drone Sprayer Sekar Agri 10L dapat beradaptasi dengan segala kontur tanah dan jarak antar tanaman, sedangkan metode semprot manual terdapat keterbatasan dengan kondisi lahan dan jarak antar tanaman.
    • – Ketiga, penyemprotan/spraying menggunakan Drone Sprayer Sekar Agri 10L sudah dilengkapi dengan software untuk menyimpan data hasil kerja di lahan pertanian anda, sedangkan data penyemprotan/spraying dengan metode semprot manual tidak dapat tersimpan dengan baik dan berpotensi hilang.

 

Dalam kesempatan ini pemilik lahan, Bapak Sarma, mengatakan bahwa dirinya sangat senang dengan adanya Drone Sprayer Sekar Agri milik Frogs Indonesia. “Kita (para petani) tinggal duduk sementara drone menyemprotkan pupuk ke lahan, jadi lebih efisien dan tidak banyak mengeluarkan tenaga,” ungkapnya.

Sementara pemilik lahan satunya, Bapak Jajang menuturkan bahwa seharusnya pemerintah lebih inisiatif untuk pengadaan unit yang membantu dalam industri pertanian, seperti Drone Sprayer Sekar Agri. Beliau juga menambahkan bahwa sebelumnya sudah pernah ada perusahaan pupuk yang berkunjung dan membawa unit Drone Sprayer milik perusahaan lain, akan tetapi kurang efektif karena ukurannya yang terlalu besar sehingga menyebabkan tanaman rusak dan tumbang.

“Menurut saya drone dengan kapasitas 10L ini (milik Frogs Indonesia) cocok untuk diterapkan pada lahan pertanian Indonesia, khususnya Karawang. Diharapkan kedepannya, Frogs Indonesia dapat membuka kantor cabang di Jawa Barat,” ungkap Bapak Jajang.

Melalui acara penyemprotan/spraying lahan pertanian menggunakan drone yang berlangsung di Karawang, Jawa Barat ini menjadi salah satu bukti konkrit Frogs Indonesia berkeinginan memajukan Indonesia, khususnya dalam industri pertanian dan perkebunan serta dapat menarik minat generasi muda pada industri pertanian Indonesia.

Selain Drone Sprayer Sekar Agri 10L, Frogs Indonesia juga memiliki Drone Surveillance yang dapat juga membantu para petani dalam mengelola lahan pertanian maupun perkebunan mereka. Sesuai dengan namanya, drone ini difungsikan untuk pemetaan lahan menggunakan drone.

Bukan hanya itu drone surveillance juga mampu menghitung dan mengukur luas lahan yang akan dikelola secara akurat, mengoptimalkan efisiensi zonal bidang, mendeteksi indikator awal dari pemicu stress tanaman, deteksi kekeringan pada area lahan, mengidentifikasi pagar yang rusak atau lahan yang rusak akibat bencana seperti badai angin. Drone Surveillance akan mengidentifikasi kondisi berdasarkan kebutuhan petani dalam perawatan lahan mereka melalui aerial mapping.

Bertekad untuk terus menjadi garda terdepan industri drone Indonesia, Frogs Indonesia sangat terbuka atas semua bentuk potensi kerja sama dan kolaborasi dengan semua pihak yang ingin bersama-sama mengembangkan dan memajukan Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.