The Blog

BlogProjects

Bapak Gesang Nugroho mewakili Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada melakukan kunjungan ke kantor Frogs Indonesia pada Senin, 22 Maret 2021. Kedatangan ini disambut langsung oleh Direktur Utama Frogs Indonesia, Asro Nasiri.

Kunjungan diadakan dalam rangka untuk membahas kesepakatan kerja sama di bidang Penelitian, Pengembangan dan Sertifikasi Pesawat Tanpa Awak antara Frogs Indonesia dan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.

Frogs Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan dan penelitian Pesawat Udara Tanpa Awak, sangat terbuka atas semua bentuk potensi kerja sama dan kolaborasi dengan semua pihak yang ingin sama-sama berkembang. Maka dari itu, Frogs Indonesia melakukan inisiasi sebuah tahapan kerja sama dalam bentuk MoU dengan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri ternama se-Indonesia.

Frogs Indonesia tertarik bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada karena UGM juga sudah melakukan beberapa riset dan pengembangan di bidang Pesawat Tanpa Awak. Selain itu Universitas Gadjah Mada juga sering mendapatkan gelar juara di kontes robot terbang Indonesia yang diselenggarakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Di sisi lain, Frogs Indonesia sebagai sebuah perusahaan perintis yang memiliki keterbatasan dalam beberapa hal, seperti sarana riset berupa alat uji, laboratorium dan sumber daya manusia, menyambut baik bentuk kerja sama ini.

Pada kesempatan ini, Frogs Indonesia dapat melakukan penelitian dengan menggunakan fasilitas-fasilitas pengujian, penelitian dan sumber daya manusia yang dimiliki oleh Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada. Sedangkan di sisi lain, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada ke depannya dapat melakukan sertifikasi untuk produk yang dihasilkan melalui kerja sama yang dilakukan. Karena Frogs Indonesia sudah resmi menjadi sebuah organisasi desain yang memiliki jaminan mutu desain untuk sebuah produk Pesawat Udara Tanpa Awak melalui Design Organization Approval (DOA) yang dinaungi oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).

Di masa yang akan datang harapannya Frogs Indonesia dan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada melalui kerja sama ini dapat saling menunjang dalam pengembangan Bangsa dan Negara Republik Indonesia dalam bidang Penelitian, Pengembangan, dan Sertifikasi Pesawat Tanpa Awak.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.