The Blog

BlogProjectsSprayerTechnology

Letak Indonesia sebagai negara yang agraris menjadikan sektor pertanian sebagai salah satu sektor utama yang diminati oleh penduduk Indonesia. Namun demikian yang terjadi, persentase tenaga kerja di sektor pertanian menurun cepat. Berdasarkan data Sakernas, tenaga pertanian di Indonesia menurun cepat bila dibandingkan sektor lain pada 2018 hingga mencapai 0,89 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini sangat disayangkan dengan kekayaan alam Indonesia yang cukup besar tanpa pengelolaan lahan yang efektif.

FrogsID hadir mensupport Mitra Sejahtera Membangun Bangsa(MSMB) dalam rangka integrated smart farming. Acara ini berlangsung di desa Wukirsari, Cangkringan. Integrated smart farming sendiri adalah sebuah end-to-end proses daripada usaha tani. Pada proses kali ini dimulai dengan memetakan area pertanian yang kemudian menjadi target objek yang akan disemprotkan pupuk maupun pestisida.  Proses pemetaan ini dilakukan dengan bantuan Surveillance drone yang nantinya akan mendeteksi area yang kemudian masuk ke dalam sistem. Dalam sistem inilah tercatat hasil pemetaan area yang akan dijadikan acuan Sprayer drone untuk menyemprotkan pupuk maupun pestisida ke area pertanian yang sudah terdeteksi sebelumnya oleh Surveillance drone dan tercatat dalam sistem.

Hadirnya Surveillance dan Sprayer drone akan sangat membantu para petani dalam pengelola lahan pertanian mereka. Dalam penggunaaan Sprayer drone, petani tidak lagi membutuhkan waktu yang lama untuk menyemprotkan pupuk ataupun pestisida yang mana sebelumya petani harus berkeliling lahan yang memakan waktu berjam-jam bahkan lebih dari satu hari. Kami di tim Frogs optimis bahwa perkembangan tekhnologi drone yang kami bangun dapat membantu masyarakat dalam beberapa sektor lainnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.