The Blog

FrogsID sebagai trobosan pertama pengadaan Air Taxi, memiliki gagasan untuk dapat memberikan solusi dari berbagai masalah yang terjadi di Indonesia. Frogs fokus pada beberapa masalah yang terjadi seperti kemacetan lalu lintas yang disebabkan oleh transportasi darat yang berlebihan, ekspansi infrastruktur yang lebih lambat dari pertumbuhan transportasi, waktu yang dihabiskan dalam kemacetan yang semakin lama, dan populasi yang meningkat karena lalu lintas. Dari permasalahan tersebut,  Frogs pun memberikan solusi dengan membuat atau memproduksi Drone yang ditenagai baterai dan menggunakan motor listrik. Saat ini FrogsID telah memproduksi 4 jenis drone. Diantara adalah Drone Cargo, Drone Surveillance, Drone Passenger, dan Drone Sprayer. Dari keempat produk drone ini, masing-masing mempunyai tahapan-tahapan sendiri.

1. Drone Cargo

Drone Cargo merupakan drone yang berfungi untuk mengangkut barang. Berbeda dengan versi terdahulunya, kali ini Drone Cargo FrogsID versi dua memiliki kapasitas yang fokus pada 25-30kg untuk kapasitas payloadnya yang mana sebelumnya mencapai 200kg. Dengan kapasitas payload tersebut, Drone Cargo ini difokuskan untuk mengangkut produk yang berada di daerah sulit terjangkau, misalnya pada nelayan, atau tempat terpencil, sehingga mempersingkat waktu pengiriman dan pasar yang FrogsID targetkan pun akan sesuai.

2. Drone Surveillance

Drone Surveillance, sesuai dengan namanya drone ini difungsikan untuk melakukan sebuah pengawasan. Untuk jenis Surveillance FrogsID sendiri telah memproduksi dan mengembangkan menjadi 2 versi. Versi pertama drone ini telah dilakukan banyak uji coba berkali-kali dan akan selalu ditingkatkan untuk pengembangannya.  Dalam mengupdate versi pertama, FrogsID pun telah mendesign serta memproduksi untuk versi keduanya da dalam waktu dekat FrogsID akan melakukan pengujian terbang untuk Drone Surveillance, baik versi 1 maupun 2.

3. Drone Passenger

Drone Passenger adalah jenis drone atau kendaraan udara tak berawak yang membawa penumpang. Drone Passenger FrogsID sendiri telah siap baik secara material maupun fisik. Hanya saja, FrogsID perlu mencari partner untuk membuat fuselage atau badan dari pesawat ini terkait dengan aturan penerbangan yang mengharuskan standarisasi khusus untuk pesawat khususnya penumpang atau passenger.

4. Drone Sprayer

Hadirnya Drone Sprayer, memudahkan para pengelola lahan pertanian dalam hal penyemprotan pupuk maupun pestisida dan tentunya dengan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan mengelilingi lahan yang sebelumnya dilakukan secara manual yang dapat mencapai waktu selama berjam-jam bahkan berhari-hari.

FrogsID pun telah memproduksi drone jenis ini dan drone versi yang pertama pun telah diuji dan akan selalu diuji secara terus menerus untuk didevelop lebih lanjut agar lebih terlihat kekurangan dan kelebihannya. Di sisi lain, agar lebih efisien ataupun lebih bagus, FrogsID menyiapkan drone Sprayer versi 2 dan sudah pada tahap pemesanan sparepart. FrogsID pun sedang menyiapkan untuk produksi bodynya.

Drone Sprayer versi 1 yang telah didevelop akan diuji terbangkan dalam waktu dekat. Dari pengujian ini diharapkan dapat diambil kesimpulan apakah sudah lebih bagus dari sebelum-sebelumnya agar meyakinkan bahwa produk FrogsID layak kita gunakan dan proven atau  terbukti. Sehingga pada saat produk FrogsID dipasarkan, produk dari FrogsID akan menjadi produk yang terpercaya dan handal serta kedepannya dapat lebih baik lagi dalam melayani penggunaan service drone ini.

Menurut penuturan dari Bapak Robert Pangestu selaku Chief Operation Officer FrogsID, saat ini FrogsID sudah mendapatkan beberapa penawaran yang mengajukan untuk menggunakan jasa FrogsID, terutama untuk Surveillance dan Sprayer. Dan kami sedang persiapkan itu semua, secara harga dan layanan yang akan kami berikan. Serta kemampuan-kemampuan apa saja yang dapat kami berikan dalam penggunaan Drone Surveillance ini. Harapan kami, dengan adanya pengalaman-pengalaman yang bagus ini, nantinya akan menjadikan kami proven untuk dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, sehingga FrogsID dapat tumbuh dan berkembang. Dalam perkembangannya, FrogsID telah menambahkan beberapa tim generasi muda untuk mendesain berbagai macam pesawat drone, dimana potensi-potensi mereka sebagai anak muda generasi bangsa telah mampu bersaing atau mampu mengikuti perkembangan teknologi dirgantara sesuai atau bahkan mungkin lebih unggul dari yang ada di luar sana. Karena belum semua negara untuk siap menerima kehadiran teknologi ini. Sehingga kita pun yakin bahwa FrogsID akan semakin tumbuh karena didukung dengan generasi muda, penawaran yang masuk, yang menyebabkan FrogsID semakin percaya diri.

Leave a Comment

Your email address will not be published.